Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GUBERNUR THE FED: Kurangi Risiko Financial, Bank Raksasa Perlu Ciutkan Ukuran

Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengajukan usulan yang bertujuan mendorong bank-bank raksasa Amerika Serikat menciutkan ukurannya untuk mengurangi risiko finansial.
Janet Yellen /reuters
Janet Yellen /reuters

Bisnis.com, NEW YORK - Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengajukan usulan yang bertujuan mendorong bank-bank raksasa Amerika Serikat menciutkan ukurannya untuk mengurangi risiko finansial.

"Kami mulai melihat perlunya ketentuan tentang kecukupan modal yang besar untuk membuat perbankan mempertimbangkan melepas beberapa anak usahanya untuk mengurangi risiko sistemik. Sejujurnya, itu yang ingin kami lihat," kata Yellen, Kamis (26/2/2015).

Pada Desember 2014, Bank Sentral AS itu mengajukan kewajiban peningkatan modal untuk delapan bank terbesar AS. Besaran modal itu jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah yang diatur oleh regulator bank internasional.

Jika aturan itu berlaku, JPMorgan Chase & Co berpotensi membutuhkan tambahan kapital lebih dari US$20 miliar pada 2019 untuk memenuhi kewajiban beleid tersebut. Bank lain yang dibebankan kewajiban tersebut adalah Citigroup Inc, Bank of Amerika Corp, Goldman Sachs Group Inc, Morgan Stanley, Wells Fargo & Co, Bank of New York Mellon Corp, dan State Street Corp.

Sementara itu JPMorgan tengah mempertimbangkan untuk memperkecil skala bisnistrading-nya mengingat aturan baru tersebut akan membuat bisnis itu tak terlalu menguntungkan. Lembaga finansial itu sedang mengevaluasi sejumlah unit lainnya.

Adapun, bank lain seperti Morgan Stanley dan Credit Suisse Group AG telah mengurangi perdaganganfixed-income.Sementara Deutsche Bank AG juga tengah mengkaji strategi untuk mengurangi risiko. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper