BI RATE: Bank Indonesia Rapat Pertengahan November, Ekonom Prediksi BI 7-day Reverse Repo Rate Tetap

Samuel Sekuritas memperkirakan suku bunga acuan Bank Indonesia yaitu BI 7-day Reverse Repo Rate diperkirakan akan tetap sampai akhir 2016
Linda Teti Silitonga | 02 November 2016 11:35 WIB
BI Rate diprediksi dipertahankan. - .Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA- Samuel Sekuritas memperkirakan suku bunga acuan Bank Indonesia yaitu BI 7-day Reverse Repo Rate diperkirakan akan tetap sampai akhir 2016.

“BI RR Rate diperkirakan tetap 4,75% hingga akhir 2016 tetapi bisa turun lagi di awal 2017,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (2/11/2016).

Seperti diketahui dari laman Bank Indonesia, BI akan menggelar rapat dewan gubernur pada 16-17 November. Sementara itu Federal Reserve akan mengumumkan putusan pertemuan Novembernya pada Kamis dini hari WIB.

Pada RDG 19-20 Oktober 2016, BI memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi pada level 4,75%.

Departemen Komunikasi BI Tirta Sagara mengatakan bank sentral meyakini bahwa pelonggaran kebijakan moneter sejalan dengan stabilitas makroekonomi, khususnya inflasi mendekati batas bawah 3%-5%. Defisit transaksi berjalan yang lebih baik dari perkiraan, surplus neraca pembayaran lebih besar, dan nilai tukar rupiah yang stabil.

"Diyakini semakin memperkuat dorongan domestik termasuk kredit sehingga mendorong momen pertumbuhan ekonomi," ucapnya, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/10/2016) seperti dikutip Bisnis.com.

 

Tag : BI Rate
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top