Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wimboh Santoso Terpilih Pimpin OJK

Wimboh Santoso terpilih menjadi ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022.
Wimboh Santoso./Istimewa
Wimboh Santoso./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Wimboh Santoso terpilih menjadi ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022.

Dalam hasil pengambilan suara komisi XI DPR, Wimboh menang dengan meraih 50 suara, sedangkan Sigit Pramono hanya meraih 4 suara, sedangkan 1 suara abstain. 

Wimboh Santoso, komisaris utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Itu terpilih menjadi ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022. 

Dari rekam jejak, Wimboh memiliki pengalaman panjang di Bank Indonesia. Memulai karir di bank sentral Indonesia itu pada 1984 sebagai staff pemeriksa bank di pemeriksa bank I, biro pemeriksa bank BI. 

Pada 1993, dia menjadi kepala seksi biro penelitian intern, urusan penelitian dan pengembangan intern (UPPN) BI. Lalu, pada 2000, dia menjadi peneliti senior di direktorat penelitian dan pengaturan perbankan BI.

Selain itu, pada 2001, dia juga merangkap jabatan sebagai ketua program transformasi perbankan, unit kerja transformasi BI. Lalu, pada 2003 dia menjadi peneliti eksekutif, direktorat penelitian dan pengaturan perbankan. 

Pada 2006, dia pun menjadi kepala biro stabilitas sistem keuangan DNNP BI. Pada 2010, dia pun beralih menjadi direktur penelitian dan pengembangan perbankan sampai 2012.

Lalu, pada 2012, Wimboh ditunjuk menjadi kepala perwakilan BI di New York. Setelah tugasnya di kota bisnis Amerika Serikat itu pada 2013, dia menjabat sebagai direktur eksekutif International Monetary Fund (IMF) sampai 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper