Sambut Natal dan Tahun Baru, BNI Siapkan Uang Tunai Rp32,1 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. siap memenuhi kebutuhan uang tunai selama libur natal dan akhir tahun ini yang diasumsikan mencapai Rp32,1 triliun.
Dini Hariyanti | 18 Desember 2017 16:45 WIB
Nasabah melintas di dekat mesin ATM Bank BNI di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Abdullah Azzam
Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. siap memenuhi kebutuhan uang tunai selama libur natal dan akhir tahun ini yang diasumsikan mencapai Rp32,1 triliun.

Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob T. Ananta mengatakan, angka tersebut merupakan proyeksi kebutuhan secara keseluruhan. Sejumlah Rp22,4 akan dipenuhi dari internal perseroan sedangkan sekitar Rp9,7 triliun sisanya dari eksternal.

"Yang dari eksternal itu seperti BNI menerima setoran-setoran, kliring, BI, dan antarbank. Proyeksi kebutuhan tahun ini naik 10% secara tahunan dari proyeksi tahun lalu Rp29,08 triliun. Dari proyeksi tahun lalu realisasinya sekitar 98%," ucap dia, di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Selama libur Natal dan akhir tahun 2017, emiten berkode saham BBNI tersebut akan menyiagakan sejumlah 17.966 mesin ATM. Jumah ini terdiri dari 4.708 ATM di are Jabodetabek dan selebihnya 13.258 mesin di luar Jabodetabek.

Bob menuturkan, selain ATM akan siaga pula para agen Laku Pandai BBNI yang dinamakan Agen46. Saat ini, totalnya terdapat sekitar 68.468 agen Laku Pandai perseroan. Mereka fokus melayani wilayah yang relatif sukar dijangkau kantor cabang.

"Biasanya selam libur itu kebutuhan uang tunai memang meningkat. Kami proyeksikan tertinggi kebutuhan 22 sampai 23 Desember 2017. Kebutuhannya bisa naik sampai tiga kali lipat dari bulan normal saat peak," ucap Bob.

Seiring dengan pergeseran pola spending masyarakat yang terus menuju cashless society maka BBNI mengklaim sangat mempersiapkan layanan digitalnya. Kini, transaksi di bank pelat merah ini 80% merupakan elektronik.
 
Tag : bni
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top