BNI Salurkan Kredit ke Mitra Kuliner Go-Jek

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menggandeng anak usaha PT Gojek Indonesia, Go-Pay, untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.
Abdul Rahman | 13 Maret 2018 16:20 WIB
CEO GO-PAY Aldi Haryopratomo (ketiga kiri) bersama dengan SEVP IT BNI Dadang Setiabudi (tengah) dan Catherine Hindra Sutjahyo (ketiga kanan) menandatangani kerja sama dukungan pembiayaan untuk UMKM Kuliner, disaksikan Komisioner GO-PAY Kusumaningtuti (dari kiri), Direktur OJK Eko Ariantoro, Deputi I Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir dan Komisioner GO-PAY Ellyana di Jakarta, Selasa (13/3/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menggandeng anak usaha PT Gojek Indonesia, Go-Pay, untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.

Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI Bambang Setyatmojo mengatakan, kerja sama ini bertujuan mempermudah para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner mitra Gojek untuk mengakses KUR.

"Dengan memanfaatkan data transaksi Go-Pay, BNI bisa lebih mudah menentukan pelaku UMKM mana yang bisa mendapatkan kredit," katanya di Jakarta, Selasa (13/3).

Pada tahap awal, KUR hanya dapat dicairkan sebagai Kredit Modal Kerja (KMK) dengan metode repayment angsuran. Pembayaran angsuran dipungut per hari dari pendapatan debitur.

Kerjasama ini juga diharapkan bisa mendukung target realisasi penyaluran KUR ke sektor produktif. Penyaluran KUR minimal harus mencapai 50% dari target yang diberikan oleh pemerintah kepada BNI sebesar Rp13,5 triliun.

Chief Executive Officer Go-Pay, Aldi Haryopratomo mengatakan, pihaknya melihat terdapat tantangan dalam penyaluran KUR, baik dari sisi perbankan maupun dari pengusaha UMKM. Perbankan memiliki tantangan dalam penentuan target sasar UMKM yang lebih tepat, sementara di sisi UMKM ada tantangan terkait kemudahan akses kepada kredit murah.

"Di sini Go-Pay berusaha menawarkan solusi. Dengan memanfaatkan data transaksi Go-Pay, perbankan bisa lebih mudah menilai kelayakan UMKM untuk menerima kredit. Sedangkan di sisi UMKM, mereka lebih mudah dalam mengakses kredit,” terangnya.

Tag : bni, Gojek
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top