Bank Danamon dan Investree Teken MoU Kembangkan Layanan Perbankan Digital

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. bersama PT Investree Radhika Jaya (Investree) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) terkait fitur pembukaan rekening dana lender dan direct debit.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  10:59 WIB
Bank Danamon dan Investree Teken MoU Kembangkan Layanan Perbankan Digital
Nasabah bertransaksi di Bank Danamon, Makassar, Selasa (29/8/2017). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk. bersama PT Investree Radhika Jaya (Investree) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) terkait dengan fitur pembukaan rekening dana lender dan direct debit.

Fitur yang dimaksud adalah proses pembukaan rekening tabungan sebagai rekening penampungan dana bagi nasabah pemberi pinjaman (lender) sekaligus integrasi fitur direct debit yang berfungsi untuk pendebitan dana lender dan pemindahan dana dari rekening lender ke platform Investree.

Dengan adanya dua fitur tersebut, nasabah pemberi pinjaman dapat lebih mudah dalam melakukan penyetoran dana, memonitor dana investasi serta pengembalian dana investasi secara langsung atau real time.

Head of Transaction Banking Product Bank Danamon Elisa Majasari Halim mengatakan layanan tersebut sebagai bentuk upaya pengembangan produk dan layanan digital bagi nasabah sekaligus sebagai dukungan untuk mensukseskan program inklusi dan literasi keuangan yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Hal ini adalah salah satu langkah nyata Bank Danamon dan Investree untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah,” katanya lewat keterangan tertulis,dikutip Rabu (26/6/2019).

Sementara itu, Co-Founder Investree Amiruddin mengatakan kolaborasi dua entitas tersebut terkait system cash management telah terangkai sejak tahun pertama Investree berdiri.

“Dengan adanya fitur baru ini, kami berharap dapat memberikan akselerasi layanan, solusi kemudahan dan lebih banyak manfaat bagi pengguna layanan Investree, terutama dalam memanfaatkan platform Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK,” ujarnya.

Lebih lanjut, Elisa mengatakan pembukaan rekening dana lender yang ditawarkan merupakan proses pembukaan rekening secara digital ditunjang dengan proses verifikasi Know Your Customer (KYC) melalui video call sehingga calon lender tidak perlu datang ke kantor cabang bank.

Selain sebagai rekening setoran dan penampungan dana bagi lender Investree, ada beragam fitur dan layanan perbankan yang dapat dinikmati nasabah seperti pembayaran tagihan, pembelian, top up, serta gratis biaya transaksi dan bebas dari setoran awal.

Sementara itu, direct debit merupakan fitur yang mempermudah proses instruksi pemindahan dana untuk pemberian pinjaman sekaligus pengembalian pendanaan di platform marketplace lending Investree.

Untuk menikmati layanan Direct Debit, nasabah harus melakukan registrasi guna mengaktifkan instruksi pendebitan dana sehingga proses pemberian dana pinjaman dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Elisa melanjutkan, layanan pembukaan rekening dana lender dan direct debit juga telah terhubung langsung dengan core banking system milik Bank Danamon dan dapat digunakan selama 24 jam untuk bertransaksi.

“Layanan ini juga dilengkapi dengan sistem pelaporan yang canggih sehingga nasabah dapat mengetahui secara detail nilai setoran, debit dana dan nominal pengembalian investasi berikut waktu transaksi yang telah berhasil dilakukan,” tuturnya.

Bank Danamon menyatakan solusi pembukaan rekening dana lender dan direct debit tersebut saat ini dalam proses piloting dan akan segera diterapkan.

“Solusi ini akan dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan marketplace lending Investree yang secara rutin melakukan setoran dana, proses debit dana, proses pemantauan pendanaan serta pengembalian bunga.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perbankan, bank danamon, Investree

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top