Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Eror, Bank Mandiri Pastikan Saldo Nasabah Tak Berubah

Gangguan sistem mendera layanan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., setelah banyak nasabah mendapati saldo tabungannya berubah.
Deretan mesin ATM Bank Mandiri./Reuters-Iqro Rinaldi
Deretan mesin ATM Bank Mandiri./Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memastikan saldo rekening yang eror tidak akan memengaruhi nilai saldo para nasabah.
 
Dalam salah satu respons kepada warganet yang bertanya terkait gangguan sistem yang berpengaruh terhadap besaran saldo, akun Twitter resmi Bank Mandiri menjawab nilai saldo masing-masing nasabah tidak akan berubah. 
 
"Bapak/Ibu tidak perlu khawatir karena kami pastikan tidak ada dana Bapak/Ibu yang berkurang," demikian disampaikan Bank Mandiri seperti dikutip Bisnis, Sabtu (20/7/2019).
 
Bank pelat merah itu juga menyampaikan saldo para nasabah yang sempat berubah akan kembali normal dalam waktu dekat.


 
Perubahan saldo rekening para nasabah Bank Mandiri dikeluhkan oleh banyak pemilik rekening di bank tersebut melalui media sosial, Sabtu (20/7). Sebagian nasabah mengungkapkan jumlah uang di tabungannya bertambah, tapi ada juga yang mengeluhkan nilainya berkurang drastis.
 
Antara juga melaporkan banyak nasabah Bank Mandiri yang mendatangi kantor bank tersebut untuk meminta penjelasan terkait hal ini, salah satunya di Pekanbaru. Nasabah bernama R. Andika Permana menuturkan dirinya kaget ketika ingin mengambil uang tunai di ATM pada Sabtu (20/7), karena alih-alih mengeluarkan uang, keterangan di layar ATM justru menunjukkan bahwa saldo tabungannya tidak mencukupi dengan angka nol rupiah.
 
Hal yang sama terjadi ketika dia melakukan pengecekan dengan internet banking. Sesampainya di kantor Bank Mandiri di Mal Pekanbaru, Andika mendapati banyak nasabah yang mengadu karena kasus yang sama.
 
"Ada yang duitnya tiba-tiba hilang Rp30 juta. Kalau tabungan saya ada belasan juta dan itu mendadak jadi nol rupiah, padahal tidak ada transaksi sebelumnya," jelasnya.
 
Menurut Andika, sekuriti Bank Mandiri di kantor terkait mengungkapkan bahwa ada gangguan sistem dan pihak bank memastikan uang nasabah tidak berkurang. Bank Mandiri juga memperkirakan kondisi akan normal kembali pada siang hari setelah pukul 12.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper