Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Potensi Dana Rp10 Triliun, Muamalat Buka Tabungan Kurban

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban bertepatan dengan peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H yang berlangsung di Gedung Zakat Centre BAZNAS, Bandung, Jawa Barat (12/8/2019).
Bank Muamalat/Istimewa
Bank Muamalat/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban bertepatan dengan peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H yang berlangsung di Gedung Zakat Centre BAZNAS, Bandung, Jawa Barat (12/8/2019).

Potensi dana kurban di masyarakat Indonesia tergolong besar. Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada tahun 2018 diperkirakan jumlah hewan kurban pada perayaan Iduladha mencapai lebih dari 1,5 juta atau meningkat sekitar 5% dari tahun 2017 dengan dana yang beredar sekitar Rp10 triliun di seluruh Indonesia.

Sedangkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) kebutuhan hewan kurban tahun 2019 ini diperkirakan akan tumbuh sebanyak 10%.

“Kami berharap dengan adanya program tabungan ini, nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melaksanakan ibadah kurban melalui Bank Muamalat,” kata Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad Kusna Permana dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (12/8/2019).

Terkait dengan program Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban ini, Bank Muamalat akan berkolaborasi dengan empat Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), yaitu Baitulmaal Muamalat (BMM), BAZNAS, Daarul Quran dan Rumah Zakat.

Program ini memiliki setoran rekening yang ringan, mulai dari 100 ribu perbulannya dengan jangka waktu beragam sehingga lebih mudah dalam mengatur jangka waktu yang dibutuhkan.

Selain itu, terdapat fasilitas yang membuat nasabah nyaman seperti fasilitas autodebit, setoran bulanan dari rekening sumber dana, dan dana yang akan berpindah buku secara otomatis ketika jatuh tempo.

“Hal ini juga sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang kami canangkan di mana kami ingin menunjukkan bahwa produk bank syariah juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah," kata Permana.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pemotongan dan penyaluran daging kurban.Cara penyaluran daging kali ini cukup unik karena mengusung konsep go green.

Apabila biasanya daging disalurkan menggunakan kantong plastik, maka kali ini menggunakan anyaman bambu sebagai kemasan. Ini sebagai bentuk kepedulian Bank Muamalat terhadap isu pencemaran lingkungan akibat sampah plastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper