BRI Rogoh Kocek Rp1,04 Triliun Akuisisi Brins

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. resmi mengakuisisi PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (Brins) dengan membeli 90% saham perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum ini.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 26 September 2019  |  16:15 WIB
BRI Rogoh Kocek Rp1,04 Triliun Akuisisi Brins
Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso memberikan penjelasan tentang kinerja perusahaanya saat berkunjung ke kantor redaksi Harian Bisnis Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/3/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. resmi mengakuisisi PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (Brins) dengan membeli 90% saham perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum ini.

Pembelian saham oleh BRI ini memiliki nilai Rp1,04 triliun. Sebelumnya, saham yang dibeli ini merupakan milik Dana Pensiun BRI.

"Dengan bergabungnya Brins ke dalam BRI Group tentunya layanan dan produk yang kami tawarkan kepada nasabah akan lebih lengkap,” kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (26/9/2019).

Rencana akuisisi Brins oleh BRI telah diketahui sejak akhir semester I/2019. Akuisisi ini disebut menjadi langkah strategis perseroan untuk menjadi integrated financial solutions.

Brins merupakan perusahaan asuransi umum yang membuat dan menutup perjanjian dari segala asuransi kerugian, termasuk perjanjian-perjanjian, reasuransi, terkecuali pertanggungan jiwa.

Hingga akhir tahun lalu, Brins mencatatkan laba bersih Rp140 miliar dengan total ekuitas Rp711,7 miliar dan premi bruto senilai Rp1,3 triliun. Menurut Sunarso, pertumbuhan anorganik ini merupakan upaya emiten berkode BBRI untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi.

Untuk mendorong peningkatan kinerja, BRI akan mendorong transformasi Brins di segmen ritel dengan menyediakan produk yang lebih customer centric. Brins juga akan diperluas jaringan distribusinya ke arah digital terintegrasi.

“Strateginya yakni membawa Brins agar go digital, go micro dan go customer centric,” tuturnya.

Dengan bergabungnya BRINS, hingga kini BRI memiliki 8 perusahaan anak yang tergabung di BRI Group diantaranya BRI Syariah (73%), BRI Agro (87,1%), BRI Remittance (100%), BRI Finance (99,65%), BRI Life (91%), BRI Ventures (99,82%), Danareksa Sekuritas (67%), dan Brins (90%).

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top