Lima Bank Ini Tawarkan KTA Dengan Bunga Terendah

Perbankan banyak berlomba menawarkan bunga rendah untuk kredit tanpa agunan (KTA).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  16:22 WIB
Lima Bank Ini Tawarkan KTA Dengan Bunga Terendah
Karyawan menata uang rupiah di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan fasilitas pinjaman dari perbankan tanpa mengharuskan adanya jaminan. Pinjaman ini pun dapat menjadi solusi bagi yang menginginkan dana cepat dan mudah.

KTA biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, liburan, kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan lainnya. Perbankan pun banyak berlomba menawarkan bunga rendah untuk pinjaman tanpa agunan.

Berikut kompilasi Bisnis untuk lima bank dengan suku bunga KTA terendah pada awal 2020.

1. Standard Chartered Bank

Kantor Standard Chartered Bank

Pinjaman tanpa jaminan di Standard Chartered Bank ditawarkan mulai dari bunga 0,65 persen per bulan dengan plafon pinjaman hingga Rp300 juta.

Proses pengajuan dilakukan secara cepat dan mudah, pencairan kredit disebutkan hanya dalam jangka waktu 3hari hingga 5 hari setelah seluruh dokumen lengkap diajukan.

Tenor pinjaman yang diberikan sangat fleksibel karena disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, jangka waktu cicilan diberikan mulai dari 12 hingga 60 bulan (5 tahun).

Persyaratannya, rentang umur dari 21-60 tahun,harus memiliki pendapatan bersih minimal Rp8 juta per bulan, memiliki kartu kredit utama dengan limit minimal 12 juta, serta keanggotaan lebih dari satu tahun.

Selain itu, wilayah tinggal nasabah peminjam KTA juga ditetapkan, di antaranya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Surabaya.

2. Bank Central Asia (BCA)

kantor pusat BCA

BCA Personal Loan merupakan pinjaman tanpa agunan untuk berbagai kebutuhan, pembayaran dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar nasabah.

Fasilitas pinjaman BCA Personal Loan di antaranya jumlah pinjaman tanpa agunan hingga Rp100 juta, jangka waktu angsuran diberikan mulai dari satu hingga tiga tahun.

Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 1 persen dengan rincian bunga 1 persen flat per bulan untuk satu tahun, 1,03 persen flat per bulan untuk dua tahun, dan 1,07 persen flat per bulan untuk tiga tahun.

Rasio angsuran disebutkan sebesar 1/3 gaji dan rasio plafon maksimum sebesar tiga kali take home pay (THP) nasabah.

Syarat yang diharuskan adalah WNI pemegang kartu BCA yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogya-Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Bali, dan Makassar.

Minimal penghasilan per bulan Rp2,5 juta untuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam serta minimum penghasilan per bulan Rp2 juta untuk daerah lainnya. Di samping itu, persyaratan usia antara 21 tahun hingga 55 tahun pada saat fasiltas BCA Personal Loan lunas.

3. CIMB Niaga

CIMB Niaga

Suku bunga KTA CIMB Niaga ditawarkan bervariatif, mulai dari 0,79 persen hingga bunga tertinggi sebesar 1,79 persen. Bunga rendah sebesar 0,79 persen flat per bulan diperuntukkan nasabah pemegang kartu kredit.

Khusus pemegang kartu kredit CIMB Niaga, bunga dikenakan mulai dari 0,79 persen hingga 1,79 persen flat per bulan.

Di samping itu, nasabah payroll CIMB Niaga dan nasabah tabungan CIMB Niaga masing-masing dikenakan bunga sebesar 1,35 persen dan 1,29 persen flat per bulan, serta untuk nasabah pegawai sebesar 1,59 persen hingga 1,79 persen flat per bulan.

Layanan pengajuan aplikasi dapat dilakukan di semua cabang, call center, atau website CIMB Niaga.

4. Bank Negara Indonesia (BNI)

karyawan BNI melayani transaksi

KTA BNI Flexi menawarkan bunga rendah hingga 0,88 persen tiap bulan dengan nilai pinjaman yang diberikan hingga Rp100 juta. Pengajuan berlaku di wilayah Jabodetabek. Beberapa yang disyaratkan di antaranya yang memiliki kartu kredit BNI aktif dengan masa kepemilikan kartu kredit lebih dari satu tahun, juga merupakan nasabah payroll di BNI.

Beberapa skema suku bunga yang ditawarkan, yaitu bunga 0,88 persen equivalent flat per bulan* untuk tenor 1 tahun, bunga 0,92 persen equivalent flat per bulan* untuk tenor 1 tahun hingga 2 tahun, dan bunga 0,96 persen equivalent flat per bulan* untuk tenor 2 tahun hingga 3 tahun.

Di samping itu, untuk jangka waktu yang lebih panjang, skema suku bunga yang ditawarkan yaitu sebesar 1 persen equivalent flat per bulan* untuk tenor 3 tahun sampai 4 tahun dan bunga 1,04 persen equivalent flat per bulan* untuk tenor 4 tahun sampai 5 tahun.

* Suku bunga akan dihitung berdasarkan metode anuitas (suku bunga efektif)

5. DBS Bank

transaksi di ATM DBS

DBS melalui Digibank menyalurkan KTA dengan bunga ringan sebesar 0,88 persen flat per bulan* untuk wilayah Jabodetabek atau 1,49 persen flat per bulan* untuk wilayah Bandung atau Surabaya.

Jangka waktu pinjaman diberikan mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun dengan jumlah pinjaman maksimal ditentukan senilai Rp300 juta.

Adapun, suku bunga tertera bersifat indikatif. Perhitungan bunga dilakukan berdasarkan metode amortisasi 78, yang bergantung pada komponen pokok pinjaman, suku bunga efektif per tahun, dan jangka waktu cicilan (dalam bulan) seperti yang tercantum di Lembar Persetujuan Kredit pada saat fasilitas Digibank KTA disetujui.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kredit Tanpa Agunan

Editor : Annisa Sulistyo Rini
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top