Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Nagari Fokus Konversi jadi Syariah, Incar Modal Inti Rp3 Triliun

Saat ini Bank Nagari menyiapkan sejumlah langkah agar saat menjadi bank umum syariah (BUS) perusahaan telah memiliki modal inti Rp3 triliun.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  18:25 WIB
Bank Nagari. - JIBI
Bank Nagari. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Bank Nagari) menargetkan dapat memiliki modal inti Rp3 triliun pada 2022.

Kepala Humas Bank Nagari Aulia Alfadil mengatakan penambahan modal ini akan terwujud jika seluruh pemegang saham yakni pemerintah daerah kabupaten kota dan provinsi menambah modal sesuai porsi saham masing-masing.

“Penambahan modal inti tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi keuangan masing-masing daerah,” kata Aulia, Kamis (19/3/2020).

Saat ini besaran modal inti Bank Nagari pada 2019 sebesar Rp2,9 triliun. Jumlah ini naik 11 persen dari realisasi tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,6 triliun.

Aulia menyebutkan selain penambahan modal, Bank Nagari sedang menyiapkan progress konversi menjadi bank umum syariah (BUS) pada Januari 2021 atau paling lambat 30 November 2022.Perusahaan juga sedang berkonsentrasi pencegahan virus corona atau Covid-19.

Saat ini komposisi kepemilikan Bank Nagari yakni pemerintah provinsi Sumatera Barat sebesar 32 persen, Pemerintah kabupaten se-Sumatera Barat sebesar 40,9 persen, pemerintah kota se Sumatera Barat 24,9 persen, dan koperasi karyawan 2 persen.

"Saat ini masih membahas perizinan serta persiapan konversi. Belum sampai ke permodalan," katanya.

Menurutnya, karena masih mengandalkan pemerintah daerah, kerap kali penambahan modal inti yang diajukan manajemen tidak sesuai harapan kebutuhan.

"Dan ini berkaitan dengan kondisi keuangan daerah masing-masing dan harus minta persetujuan DPRD Kota atau DPRD provinsi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bank nagari
Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top