Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Belanja Pangan Dorong Penggunaan Kartu Kredit di Tengah Corona

Penurunan transaksi kartu kredit di sektor perjalanan masih diimbangi oleh kenaikan transaksi untuk belanja kebutuhan pangan.
Warga berbelanja di salah satu pusat perbelanjan modern di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga berbelanja di salah satu pusat perbelanjan modern di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Penggunaan kartu kredit di beberapa bank masih cukup stabil di tengah penyebaran virus corona (COVID-19). Transaksi belanja pangan atau groceries tetap tumbuh ketika kegiatan travelling menurun.

SVP Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Lila Noya mengatakan sampai dengan Februari 2020, transaksi Mandiri Kartu Kredit masih konsisten mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Bahkan, transaksi dengan menggunakan kartu kredit terus tumbuh sampai dengan pertengahan Maret-2020.

Namun, tren penurunan transaksi mulai terlihat pada minggu ketiga Maret 2020, setelah masyarakat mengimplementasikan work from home dan penerapan social distancing untuk meminimalisasi penyebaran wabah corona (COVID-19).

Menurutnya, penurunan tersebut terjadi karena selama ini kontributor terbesar untuk transaksi kartu kredit adalah transaksi di department store dan travel. Meskipun demikian, secara volume, transaksi kartu kredit pada Maret 2020 dinilai cukup stabil dibandngkan periode sama tahun lalu.

Namun, apabila dibandingkan dengan Februari 2020, transaksi kartu kredit pada Maret 2020 mengalami penurunan hampir 2 digit secara persentase.

Lila menilai, jika tidak ada pandemi, seharusnya transaksi kartu kredit bisa tumbuh lebih besar secara tahunan dan dibandingkan dengan Februari 2020.

"Dengan kondisi saat ini, transaksi yang volumenya tetap tumbuh adalah transaksi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti transaksi groceries di supermarket, minimarket, dan restoran," katanya kepada Bisnis, Selasa (14/4/2020).

Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lani Darmawan menyebutkan transaksi kartu kredit cenderung tumbuh flat secara tahunan karena kegiatan travel yang menurun. Hanya saja, transaksi kartu kredit saat ini masih didorong oleh aktivitas belanja grocery online nasabah.

Meskipun tidak menyebutkan besaran pertumbuhan transaksi, Lani menegaskan jika dibandingkan bulan sebelumnya, yakni pada Februari 2020, transaksi kartu kredit masih bertumbuh sebesar 10 persen.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengatakan transaksi kartu kredit hingga saat ini masih bertumbuh. Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan transaksi kartu kredit perseroan masih mengalami pertumbuhan.

Setidaknya, transaksi kartu kredit Bank BRI sebagaian besar dilakukan berbasis e-commerce dengan pertumbuhan sebesar 48 persen secara tahunan.

"Penggunaan kartu kredit masih meningkat khususnya untuk transaksi berbasis e-commerce," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper