Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penghasilan Turun Tertekan Covid-19, Lakukan 2 Langkah Ini

Penurunan penghasilan pada masa pandemi Covid-19 sangat mungkin dialami banyak orang mengingat wabah ini berdampak ke berbagai sektor.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 06 Mei 2020  |  04:29 WIB
Ilustrasi/Bisnis - Endang Muchtar
Ilustrasi/Bisnis - Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Penurunan penghasilan pada masa pandemi Covid-19 sangat mungkin dialami banyak orang mengingat wabah ini berdampak ke berbagai sektor, salah satunya ekonomi.

Perencana keuangan Yosephine P. Tyas mengatakan ada dua cara yang harus dilakukan oleh individu untuk mengatasi kondisi tersebut.

Dua cara itu, menurut dia, adalah menurunkan pengeluaran dan menambah penghasilan ketika pengeluaran yang sudah dilakukan benar-benar hanya untuk kebutuhan primer.

“Kalau tidak menurunkan pengeluaran berarti ada defisit. Kalau ada defisit yang dipakai tabungan. Pertanyaannya berapa lama tabungan sanggup bertahan kalau pengeluaran tidak diubah,” ujarnya pada Selasa (5/5/2020).

Dia menjelaskan individu harus benar-benar memikirkan dan mencari penghasilan tambahan guna mengatasi pengurangan penghasilan.

Saat ini, sejumlah orang mulai berbisnis dalam jaringan (daring/online) atau bisnis kecil-kecilan di rumah.

Selain itu, individu juga bisa trading saham guna menambah penghasilannya. Namun, dia menuturkan individu harus mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memulai trading saham untuk mencari penghasilan tambahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

corona tips keuangan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top