Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lawan Corona, Bank DBS Gandeng Kemenko Kemaritiman & Investasi Salurkan Alkes

Selain mendonasikan fasilitas medis, Bank DBS Indonesia juga memberikan donasi kebutuhan dasar pokok kepada pekerja harian yang dirumahkan atau di-PHK akibat pandemi ini.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  20:14 WIB
DBS Group Holdings Ltd - Istimewa
DBS Group Holdings Ltd - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia menyalurkan bantuan berupa alat tes Covid-19 untuk tenaga medis dalam melawan Covid-19 senilai Rp26 miliar melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang kemudian diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Peralatan medis yang didonasikan diantaranya 100.000 Rapid Test Kits, 15.000 Virus Transport Medium (VTM) Kits, 5.000 Swab Test Kits, dan dua mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), serta perangkat tesnya sebanyak 3.000 unit yang akan disalurkan secara bertahap melalui Kemenko Maritim dan Investasi.

“Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini jumlah pasien Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Namun, hal yang terpenting adalah akses akan fasilitas tes dan hasil yang bisa didapatkan secara cepat. Semakin banyaknya akses untuk tes akan membantu upaya penanggulangan laju penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, kami rasakan sangat penting untuk mendonasikan beberapa jenis fasilitas tes Covid-19 kepada Pemerintah,” ujar Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna, Kamis (14/5/2020).

Kerja sama antara Bank DBS Indonesia bersama Kemenko Maritim dan Investasi tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak lain untuk turut berpartisipasi dalam membantu negara dalam menghadapi Covid-19, juga tentunya membantu masyarakat mendapatkan akses tes dan kebutuhan dasar pokok bagi pekerja harian yang terdampak pandemi ini.

Selain mendonasikan fasilitas medis, Bank DBS Indonesia juga memberikan donasi kebutuhan dasar pokok kepada pekerja harian yang dirumahkan atau di-PHK akibat pandemi ini.

"Saya senang sekali Bank DBS memberikan donasi untuk penanganan Covid-19, ini langkah yang menurut saya sangat baik dan tepat. Dari lubuk hati yang dalam saya ucapkan terima kasih, peralatan medis ini akan segera dibagikan ke tempat yang diperlukan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada saat yang sama, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan partisipasi dari Bank DBS Indonesia ini akan memperkuat strategi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Melalui banyaknya perangkat tes Covid-19 maka masyarakat semakin mudah mendapatkan akses sehingga deteksi pun dapat dilakukan secara cepat. Kami sangat mengapresiasi tindakan dari DBS dan kami juga mengajak organisasi lain untuk turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19,” ujar Doni.

Bantuan ini pun, kata Doni akan dibagikan ke daerah yang peningkatan kasus baru pasien Covid-19 tinggi, terutama di Jawa Timur.

Adapun pada April 2020, Bank DBS menyalurkan 10,5 juta dolar Singapura atau setara dengan Rp104,8 miliar untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 di enam negara utama di mana Bank DBS beroperasi, yaitu Singapura, Hongkong, Tiongkok, India, Indonesia, dan Taiwan.

Indonesia menerima jumlah donasi terbesar senilai 2,5 juta dolar Singapura atau setara dengan Rp26,2 miliar, yang akan digunakan untuk membantu masyarakat terdampak mulai dari tenaga medis hingga masyarakat yang mengandalkan penghasilan harian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bantuan alat kesehatan dbs kemenko kemaritiman
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top