Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Gerogoti Transaksi Kartu Gerbang Pembayaran Nasional

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk belanja, sehingga berdampak pada transaksi menggunakan kartu GPN.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 21 Juni 2020  |  18:42 WIB
Pengunjung mengamati kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Kamis (3/5/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pengunjung mengamati kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Kamis (3/5/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Transaksi kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) mengalami penurunan yang signifikan selama pembatasan sosial berlangsung karena pandemi Covid-19.

Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Muhamad Gumilang mengatakan transaksi kartu GPN di Bank Mandiri per April dan Mei 2020 secara umum turun hampir 40 persen-50 persen dari transaksi pada bulan-bulan normal.

"Pandemi Covid-19 dan instruksi pemerintah untuk social distancing berdampak pada tutupnya pusat-pusat perbelanjaan dan secara langsung menurunkan transaksi belanja nasabah menggunakan kartu debit, tidak terkecuali untuk kartu Mandiri Debit GPN," katanya kepada Bisnis, pekan lalu.

Gumilang menjelaskan pada bulan-bulan sebelum pandemi transaksi rata-rata per bulan Mandiri Debit GPN dapat mencapai 1,3 juta – 1,4 juta transaksi per bulan dengan nominal mencapai Rp600 miliar per bulan.

Namun, selama masa pandemi, transaksi kartu debit berlogo garuda ini turun menjadi hanya 600.000 transaksi dengan nominal Rp300 miliar sebulan.

Gumilang menambahkan distribusi kartu GPN hingga Mei 2020 masih tercatat mengalami pertumbuhan meski sedikit terhambat akibat situasi pandemi.

Perseroan mencatat, jumlah kartu Mandiri Debit GPN per Mei 2020 telah mencapai 4,3 juta kartu atau tumbuh 24 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari posisi Mei 2019.

Pada kesempatan berbeda, Head of Digital Banking PT Bank BTPN Tbk. Irwan Sutjipto Tisnabudi juga mengatakan transaksi kartu GPN pada masa pandemi menurun sangat drastis, salah satunya dikarenakan transaksi harus dilakukan secara tatap muka.

Menurut Irwan, karena pembatasan sosial, nasabah cenderung mengurangi transaksi secara offline. Sebaliknya, transaksi online pada masa pandemi tercatat meningkat signifikan.

"Yang menggunakan kartu GPN menurun sangat signifikan dan belum ada tanda-tanda akan kembai seperti normal," kata Irwan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja Transaksi Nontunai gerbang pembayaran nasional
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top