Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Bank Asing di Jepang, BNI Naik ke Peringkat 29 Laba Terbesar

Menurut “Foreign Banks in Japan Survey 2020” yang diterbitkan oleh KPMG Global Financial Services pada tanggal 11 Agustus 2020, BNI Tokyo menempati posisi ke-29 dari total 56 Bank asing yang beroperasi di Jepang untuk periode 2020, dilihat dari sisi perolehan laba.
Sejumlah nasabah tampak melakukan transaksi perbankan di kantor BNI Cabang Tokyo. /Dokumen BNI
Sejumlah nasabah tampak melakukan transaksi perbankan di kantor BNI Cabang Tokyo. /Dokumen BNI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara BNI (Persero) Tbk. sebagai satu-satunya bank BUMN asal Indonesia yang beroperasi di Jepang sejak tahun 1959, mengemban misi mendukung perkembangan hubungan ekonomi antara Jepang dan Indonesia.

Sebagai salah satu bank dengan jaringan Internasional, BNI Cabang Tokyo mampu memposisikan diri tidak kalah dengan bank asing lainnya yang beroperasi di Jepang dalam hal kinerja. Hal ini dibuktikan, antara lain dari pencapaian laba yang semakin membaik dari tahun ke tahun.

Menurut “Foreign Banks in Japan Survey 2020” yang diterbitkan oleh KPMG Global Financial Services pada tanggal 11 Agustus 2020, BNI Tokyo menempati posisi ke-29 dari total 56 Bank asing yang beroperasi di Jepang untuk periode 2020, dilihat dari sisi perolehan laba. Peringkat itu naik 10 level dari posisi 39 pada periode sebelumnya.

General Manager BNI Tokyo Muhamad Emil Azhary mengatakan bahwa capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja beberapa bank asing lainnya yang justru mengalami penurunan pada tahun 2020. Padahal dari sisi aset, bank-bank asing tersebut lebih besar dibandingkan BNI. 

Menurutnya, hal itu menunjukkan BNI Tokyo lebih efisien dan lebih efektif dalam mengoptimalkan earning asset dan liabitilites. Dalam hal efisiensi ini, survei menempatkan BNI pada peringkat 10 dari 56 bank asing di Jepang, atau melonjak dari peringkat 41 pada tahun 2019.

"Ke depannya BNI Tokyo akan tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai, salah satunya dengan selektif dalam memilih portofolio aset dan tetap mencari peluang bisnis baru di tengah kondisi pandemi dan perlambatan ekonomi global,” ujar Emil dalam keterangan resmi, Senin (7/9/2020). 

BNI Kantor Cabang Tokyo berkantor di Kokusai Building, Marunouchi, Chiyoda, Tokyo. Hingga semester I/2020, pendapatan sebelum pajak BNI Tokyo tercatat mencapai US$7,26 juta, atau tumbuh 46% secara year on year (yoy), didukung oleh pertumbuhan fee based income yang naik 51% yoy mencapai US$3,35 juta dan net interest income yang tumbuh 26% mencapai US$6,52 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper