Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Beri Bocoran Dirut Bank Syariah BUMN. Inikah Sosoknya?

Dalam akun Instagram @erickthohir, Menteri BUMN Erick Thohir mem-posting foto bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Hery Gunardi.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 25 November 2020  |  07:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo
Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga bank syariah BUMN sedang berproses untuk merger dengan target efektif pada Februari 2021. Ketiga bank tersebut yaitu PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRIsyariah Tbk., dan PT Bank BNI Syariah.

Hery Gunardi, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri, dikabarkan bakal menjadi nahkoda bank hasil merger nanti.

Adapun, dalam akun Instagram @erickthohir, Menteri BUMN Erick Thohir mem-posting foto bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Hery Gunardi.

Erick menuliskan dalam caption foto tersebut bahwa dia mendapatkan banyak masukan dan saran saat mengunjungi Wapres Ma'ruf Amin untuk melaporkan rencana kerja merger bank syariah yang dimiliki bank-bank BUMN.

Dalam caption-nya, Erick menulis menemui Ma'ruf Amin bersama Dirut Bank Syariah Himbara. Cukup jelas bahwa dalam foto tersebut selain Wapres, adalah Hery Gunardi.

"Alhamdulillah, mendapat banyak masukan dan saran saat mengadakan pertemuan dengan Wapres @kyai_marufamin untuk melaporkan recana kerja merger Bank Syariah bersama dengan Dirut Bank Syariah Himbara," tulisnya pada postingan yang diunggah pada Senin (23/11/2020).

Erick juga menambahkan harapannya agar rencana merger tiga bank syariah BUMN berjalan dengan baik serta dapat menguatkan ekonomi syariah, memakmuran masyarakat, dan umat muslim di Indonesia. 

Sebagai informasi, dalam proses merger bank syariah BUMN, Hery Gunardi bertindak sebagai Project Management Office (PMO). Sebelum hijrah ke Bank Syariah Mandiri, Hery menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Adapun, dalam proses merger tersebut, nantinya Bank Mandiri bakal mengenggam saham paling besar, yaitu sebesar 51,2 persen.

Beredar kabar pula jika hasil merger 3 bank syariah BUMN bakal diberi nama Bank Amanah. Namun, sumber Bisnis menyatakan tidak menutup kemungkinan ada pilihan nama lainnya.

Pada tanggal efektif penggabungan, bank hasil penggabungan akan tetap menggunakan nama yang ada pada saat ini, yaitu BRI Syariah dan berkantor pusat di kantor pusat BRIS pada saat ini.

Apabila BRI Syariah berencana untuk mengubah namanya atau melakukan perubahan kantor pusat, maka akan dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dengan memperhatikan keputusan para pemegang saham dalam RUPS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah bank bumn syariah erick thohir merger bank syariah Ma'ruf Amin
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top