Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank DKI Syariah Cetak Laba Rp321 Miliar pada 2020

Dari sisi pembiayaan, Unit Usaha Syariah Bank DKI telah menyalurkan sebesar Rp5,99 triliun sampai dengan akhir tahun lalu.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  10:17 WIB
Warga menggunakan fasilitas ATM Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Warga menggunakan fasilitas ATM Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI berhasil mencetak kinerja positif pada 2020 di tengah tantangan akibat pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari pertumbuhan laba sebesar 9,55 persen secara tahunan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan Unit Usaha Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp5,99 triliun sampai dengan akhir tahun lalu.

Angka tersebut didominasi oleh penyaluran pembiayaan pada sektor produktif sebesar Rp4,06 triliun atau 67,75 persen dari total pembiayaan. Penyaluran pembiayaan untuk sektor konsumtif sebesar Rp1,93 triliun.

Adapun, DPK UUS Bank DKI tercatat tumbuh 125,60 persen sebesar menjadi Rp,3,99 triliun per Desember 2020, dibandingkan dengan 2019 sebesar Rp 1,77 triliun.

Berbagai pencapaian kinerja keuangan tersebut telah mendorong peningkatan aset yang tumbuh sebesar 10,16 persen, dari Rp6,19 triliun per Desember 2019 menjadi Rp6,82 triliun per Desember 2020.

"Laba UUS Bank DKI juga mengalami pertumbuhan sebesar 9,55 persen senilai Rp321 miliar per Desember 2020 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp293 miliar," katanya dalam siaran pers, Rabu (3/2/2021).

Pencapaian itu membawa UUS Bank DKI menerima penghargaan UUS Terbaik dalam Iconomics Syariah Award 2021 yang diselenggarakan oleh The Iconomics.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 83 pelaku industri keuangan syariah yang memiliki track record kinerja keuangan yang baik, memiliki tingkat kesehatan yang baik dari aspek risk profile, good corporate governance, serta earnings and capital.

Lebih lanjut, dalam pengembangan bisnisnya UUS Bank DKI juga membangun sinergi dengan BUMD DKI Jakarta termasuk diantaranya melalui optimalisasi layanan perbankan syariah kepada PD Dharma Jaya.

UUS Bank DKI juga menyediakan beragam solusi keuangan syariah seperti tabungan haji dan umrah. UUS Bank DKI juga dipercaya dalam melakukan kolaborasi yang meliputi intergrasi uang elektronik (JakOne Pay) untuk layanan pembayaran zakat, infak, dan sadaqah secara digital.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpd bank dki unit usaha syariah kinerja bank uus
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top