Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Diabaikan, Ini Kesalahan-kesalahan Pakai Mobile Banking

Kemudahan yang dihadirkan oleh sistem keuangan digital sering kali beririsan dengan aspek keamanan. Jagat maya adalah satu tempat yang nyaman bagi para pelaku kejahatan. 
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  18:55 WIB
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI New York.  - Dokumen BNI
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI New York. - Dokumen BNI

Bisnis.com, JAKARTA - Menggunakan jasa perbankan secara online baik melalui situs ataupun mobile banking mungkin sudah menjadi hal lazim untuk Anda. Layanan berbasis internet ini sangat memudahkan, terutama pada masa pandemi Covid-19. 

Saat ini layanan perbankan berbasis internet pun semakin bervariasi, tidak hanya untuk melakukan pengecekan saldo dan pengiriman uang saja. M-banking misalnya, kini sudah dapat digunakan untuk membayar tagihan hingga membuka rekening baru. 

Berdasarkan catatan Bisnis, pengguna mobile banking di Indonesia diperkirakan akan tumbuh 36 juta menjadi 88 juta pengguna secara keseluhan dikutip Bisnis dari Businesstimes, 8 Desember 2020 lalu.

Namun, rupanya kemudahan yang dihadirkan oleh sistem keuangan digital sering kali beririsan dengan aspek keamanan. Jagat maya adalah satu tempat yang nyaman bagi para pelaku kejahatan. 

Dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan hanya membutuhkan beberapa menit untuk meretas akun perbankan Anda untuk melakukan transaksi perbankan melalui komputer atau ponsel.

Mengutip Fox News, Rabu (10/2/2021), jika Anda menggunakan komputer untuk bertransaksi, disarankan untuk menyiapkan Chromebook yang hanya disediakan untuk perbankan online dan pembayaran tagihan karena dikenal sulit untuk diretas.

Namun jika Anda tidak memilikinya ikuti beberapa tips ini untuk menambah lapisan keamanan pada akun perbankan online yang Anda miliki:

  1. Selalu gunakan otentikasi dua faktor. Langkah ini menambahkan lapisan perlindungan ekstra antara akun Anda dan seseorang yang ingin masuk. Siapkan ini di aplikasi perbankan Anda.

  2. Jangan pernah mengatur login otomatis di aplikasi perbankan Anda. Setel aplikasi Anda agar meminta kata sandi, sidik jari, atau metode masuk lainnya setiap kali Anda membukanya.

  3. Amankan ponsel Anda dengan kata sandi yang kuat. Ini adalah cara termudah dan mudah untuk melindungi semua yang ada di ponsel Anda dari pencuri dan pengintai.

  4. Jangan pernah akses perbankan online pada Wi-Fi publik. Anda tidak pernah tahu siapa yang bisa melihat. Langkah terbaik Anda jika Anda melakukan transaksi perbankan jauh dari rumah menggunakan Wi-Fi adalah menggunakan VPN.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan mobile banking keamanan siber
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top