Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serikat Pekerja: Penyehatan Bumiputera Harus Utamakan Nasib Karyawan dan Pemegang Polis

Ketua Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (SP NIBA) Bumiputera Rizky Yudha Pratama menyatakan bahwa pihaknya berharap penyehatan perseroan dapat berjalan dengan berbagai upaya yang ada saat ini.
Suasana pertemuan antara OJK dengan sejumlah perwakilan pemegang polis, serikat pekerja, dan agen Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912, Selasa (16/3/2021). / Istimewa
Suasana pertemuan antara OJK dengan sejumlah perwakilan pemegang polis, serikat pekerja, dan agen Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912, Selasa (16/3/2021). / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Serikat pekerja Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 menyatakan bahwa penyelamatan karyawan dan pemegang polis perseroan menjadi perhatian utama dalam berbagai upaya penyelesaian masalah, termasuk dalam pembentukan panitia pemilihan Badan Perwakilan Anggota atau BPA.

Ketua Serikat Pekerja Niaga, Bank, Jasa, dan Asuransi (SP NIBA) Bumiputera Rizky Yudha Pratama menyatakan bahwa pihaknya berharap penyehatan perseroan dapat berjalan dengan berbagai upaya yang ada saat ini. Serikat pekerja mengutamakan tiga poin dalam gerakannya.

Pertama yakni upaya untuk menyelamatkan eksistensi Bumiputera. SP NIBA menilai bahwa perusahaan asuransi berbentuk usaha bersama (mutual) itu merupakan warisan pendahulu yang harus dijaga.

Kedua, pihaknya pun menilai bahwa upaya yang ada harus mampu menyelamatkan hak para pemegang polis. Seperti diketahui, pada akhir 2020 total utang klaim Bumiputera mencapai Rp12 triliun sehingga hak para pemegang polis tak terpenuhi.

"Ketiga, selamatkan masa depan pekerja dan mitra kerja," ujar Rizky kepada Bisnis, Rabu (17/3/2021).

Kemarin, Selasa (16/3/2021) SP NIBA menjadi bagian dari proses pembentukan susunan panitia pemilihan anggota BPA. Pembentukan itu berlangsung dalam pertemuan antara seluruh pihak dengan manajemen Bumiputera di Kantor OJK, Wisma Mulia 2, Jakarta.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK M. Ihsanuddin yang memimpin pertemuan itu menjelaskan bahwa OJK menjadi fasilitator karena manajemen belum dapat melaksanakan pertemuan serupa. Padahal, OJK telah memerintahkan manajemen Bumiputera untuk menjalin dialog dengan pihak-pihak terkait.

"Pertemuan ini diharapkan bisa menjadi forum musyawarah antara manajemen, Serikat Pekerja [SP NIBA] dan berbagai kelompok/perkumpulan pemegang polis yang merupakan pemilik dari AJB Bumiputera yang selama ini sulit untuk dipertemukan,” ujar Ihsanuddin pada Selasa (16/3/2021).

Berikut susunan Panitia Pemilihan Anggota BPA AJB Bumiputera 1912 berdasarkan informasi yang diperoleh Bisnis:

Unsur Pemegang Polis (Perkumpulan Pemegang Polis Bumiputera Indonesia):

-Yayat Supriyatna

-Erwinsyah Nasution

-Jefry Rasyid

Unsur Pemegang Polis (Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera):

-Fien Mangiri

-Rudhi Mukhtar

-Syakur M. Usman

Unsur Pemegang Polis (Perhimpunan Pemegang Polis Bumiputera/Pempol Bumi):

-Jaka Irwanta

-Supri

-Warsiti

Unsur Agen Bumiputera:

-Islandri

-Alex Kurniawan

-Ihsan Suraji

Unsur Serikat Pekerja (SP NIBA):

-Rizky Yudha Pratama

-Panser Karo Karo

-F. Ghulam Naja

Unsur Manajemen Bumiputera:

-Dena Chaerudin

-M. Hery Darmawansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper