Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Danamon Gandeng Abacus Optimalkan Pembayaran Non-Tunai

Abacus menerapkan sistem pembayaran QR code Danamon di dalam sistem Abacus POS, aplikasi kasir digital berbasis cloud. Adanya kerja sama ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran secara mudah, aman, dan nyaman di setiap mitra Abacus yang meliputi restoran, kafe, serta toko ritel.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 14 April 2021  |  12:21 WIB
Nasabah melakukan transaksi perbankan melalui anjungan tunai mandiri Bank Danamon di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Nasabah melakukan transaksi perbankan melalui anjungan tunai mandiri Bank Danamon di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. hari ini mengumumkan kerjasama dengan Abacus POS Indonesia (Abacus), penyedia layanan Point of Sale (POS) melalui aplikasi berbasis cloud dalam penggunaan pembayaran QR (Quick Response) code Danamon di setiap mitra Abacus.

Melalui kerja sama ini, Abacus menerapkan sistem pembayaran QR code Danamon di dalam sistem Abacus POS, aplikasi kasir digital berbasis cloud. Adanya kerja sama ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran secara mudah, aman, dan nyaman di setiap mitra Abacus yang meliputi restoran, kafe, serta toko ritel.

Chief Digital Officer Danamon Iskak Hendrawan menyambut baik kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas layanan pembayaran digital bagi nasabah. Dengan menghadirkan kemudahan pembayaran, transaksi menjadi lebih efisien, aman, dan nyaman terutama di masa pandemi yang belum usai.

"Kemitraan ini juga menjadi salah satu bentuk nyata dukungan Danamon mewujudkan protokol kesehatan bagi kenyamanan dan kesehatan nasabah, serta dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang digalakkan oleh Bank Indonesia,” ungkapnya melalui siaran pers, Rabu (14/4/2021).

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Meski program vaksinasi Covid-19 telah dimulai, masyarakat tetap dihimbau untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Menjaga jarak dan meminimalisasi kontak fisik dalam berbagai aktivitas sehari-hari sangat penting, termasuk saat transaksi dengan alat pembayaran tunai/non-tunai.

Abacus merupakan salah satu penyedia layanan POS terkemuka di Indonesia yang memungkinkan para mitranya mengatur pembayaran secara digital melalui sistem kasir berbasis cloud yang aman, efisien dan real-time.

Kerjasama ini memungkinkan mitra-mitra Abacus untuk mengoptimalkan transaksi non-tunai demi memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi, di mana QR code Danamon akan bisa ditampilkan di aplikasi POS Abacus untuk memudahkan cara pembayaran bagi nasabah.

Abacus mencatat sekitar 155.000 transaksi per bulannya serta menargetkan pertumbuhan hingga 15.000 mitra merchant dalam beberapa tahun kedepan.

Operational Director Abacus POS Indonesia Gary Quincyanus menyampaikan kerja sama ini merupakan wujud dari dukungan perseroan terhadap para pebisnis untuk menerapkan transaksi non-tunai.

"Di mana hal tersebut sangat membantu dalam kelancaran berbisnis guna menghindari kesalahan atau kecurangan dalam proses pembayaran yang kerap terjadi dalam operasional sebuah usaha baik secara sengaja maupun tidak sengaja," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank danamon sistem pembayaran QR code
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top