Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore! BI Naikkan Limit Transaksi QRIS Jadi Rp5 Juta Mulai 1 Mei 2021

Peningkatan limit transaksi QRIS dari semula Rp2 juta menjadi Rp5 juta berlaku sejak 1 Mei 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 20 April 2021  |  16:12 WIB
Kepala Bank Indonesia Provinsi Jateng saat menunjukkan QR Code Indonesian Standard atau QRIS pada Jumat (6/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Kepala Bank Indonesia Provinsi Jateng saat menunjukkan QR Code Indonesian Standard atau QRIS pada Jumat (6/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menaikkan limit transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dari sebelumnya Rp2 juta menjadi Rp5 juta.

“Peningkatan limit transaksi QRIS dari semula Rp2 juta menjadi Rp5 juta berlaku sejak 1 Mei 2021,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual usai Rapat Dewan Gubernur, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, BI juga menurunkan tarif merchant yang QRIS untuk kategori Badan Layanan Umum (BLU) dan Public Service Obligation (PSO).

“Penurunan tarif MDR QRIS untuk merchant kategori BLU dan PSO dari 0,7 persen menjadi 0,4 persen, berlaku sejak 1 Juni 2021,” jelasnya.

Kebijakan tersebut dilakukan tidak lain untuk mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien.

Perry menyampaikan BI akan terus mendorong pengembangan fitur QRIS ke depan dengan mempertimbangkan akseptasi masyarakat, meningkatnya preferensi, dan tren digitalisasi yang semakin meningkat.

Sosialisasi dan edukasi terkait QRIS pun akan terus diperkuat, baik dari sisi supply dan demand. Pada tahun ini, BI menargetkan merchant pengguna QRIS akan meningkat menjadi sebanyak 12 juta merchant.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia sistem pembayaran Transaksi Nontunai QRIS
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top