Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Saldo & Tarik Tunai ATM Link Bayar, Bos BRI: Tidak Ada Aturan yang Dilanggar

Bank-bank anggota Himbara telah mengumumkan pengenaan biaya transaksi untuk cek saldo dan tarik tunai di ATM Link mulai 1 Juni 2021.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  12:05 WIB
ATM Link - Bni.co.id
ATM Link - Bni.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso angkat bicara terkait pengenaan biaya untuk cek saldo di ATM Link mulai 1 Juni 2021.

Diketahui, bank-bank anggota Himbara telah mengumumkan pengenaan biaya transaksi untuk cek saldo dan tarik tunai di ATM Link mulai 1 Juni 2021. Biaya transaksi untuk cek saldo dikenakan Rp2.500, sedangkan tarik tunai Rp5.000.

Sunarso menegaskan tidak ada ketentuan apapun yang dilanggar dari pengenaan kembali biaya untuk cek saldo di ATM Link milik Himbara.

"Karena sebelum 2018 biaya itu juga dikenakan dan kemudian setelah 2018 untuk tahap penetrasi, periode promosi itu dibebaskan. Sekarang dikenakan lagi, tapi tidak semahal sebelum tahun 2018 dan juga tidak semahal dengan ATM yang lain," katanya dalam konferensi pers kinerja kuartal I/2021, Selasa (25/5/2021).

Sunarso menjelaskan biaya tersebut dikenakan bagi nasabah yang menggunakan kartu debit BRI, tetapi digunakan untuk cek saldo di ATM yang bukan milik BRI atau ATM Himbara, tetapi bukan milik BRI.

"Jadi, kalau kartunya kartu BRI kemudian dipakai di ATM-nya BRI yang bisa dipakai bersama itu, kartu ATM nya sama dengan mesin ATM nya itu tidak dikenakan biaya sebenarnya," imbuhnya.

Oleh karena itu, Sunarso menyarankan bagi nasabah BRI yang tidak ingin dikenakan biaya ketika cek saldo di ATM sebaiknya dilakukan di ATM BRI atau ATM Link milik BRI.

"Tadi malam kami sudah rapat dengan Himbara, mungkin di screen-nya itu langsung saja ditampilkan, kalau sekarang kan tidak ditampilkan. Di screen itu bisa ditampilkan, misalnya ATM BRI atau ATM milik BRI yang bisa dipakai bersama oleh Himbara. Supaya orang enggak kecele, supaya enggak kena yang Rp2.500 itu. Dicek dulu, screen-nya BRI, kartunya kartu BRI, tetep gratis," lanjutnya.

Cara lain yang disarankan Bos BRI tersebut yakni cek saldo menggunakan mobile banking. BRI telah memiliki aplikasi digital banking yakni BRImo. Dia menekankan pengenaan biaya tersebut bertujuan untuk lebih memanjakan nasabah.

Apalagi pengenaan biaya tersebut masih jauh lebih murah dibandingkan dengan ATM lainnya. Bahkan, nasabah tetap gratis untuk cek saldo di ATM asal mengetahui caranya.

"Penekanannya yang paling penting tidak ada aturan yang dilanggar," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri atm bank bumn himbara
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top