Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Sompo Pede Kinerja Tumbuh 2021, Ini Rahasianya

Asuransi Sompo mencatatkan pertumbuhan premi 19 persen (year-on-year/yoy) pada kuartal I/2021
Asuransi Sompo/sompo.co.id
Asuransi Sompo/sompo.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sompo Insurance Indonesia atau Asuransi Sompo memproyeksikan kondisi bisnis dapat tumbuh secara berkesinambungan pada tahun ini, tergambar dari kinerja kuartal I/2021 yang tumbuh dari posisi 2020.

CEO Asuransi Sompo Eric Nemitz menjelaskan bahwa pada kuartal I/2021, rasio solvabilitas atau (risk based capital/RBC) perseroan mencapai 237 persen (unaudited). Jumlah itu naik dari posisi Desember 2020 (audited) dengan RBC 211 persen, menunjukkan landasan finansial yang kokoh untuk memenuhi kewajiban.

Selain itu, Eric menjabarkan bahwa Asuransi Sompo mencatatkan pertumbuhan premi 19 persen (year-on-year/yoy) pada kuartal I/2021. Dengan capaian itu, perseroan menargetkan pertumbuhan yang berkesinambungan pada tahun ini.

Kinerja perseroan dinilai didorong oleh kepercayaan nasabah terhadap layanan dan perlindungan properti, kendaraan bermotor, pengiriman kargo, mekanikal, kesehatan, kecelakaan pribadi, perjalanan, kredit perdagangan, kewajiban bisnis, dan lainnya.

“Salah satu produk asuransi dan layanan ritel unggulan kami adalah asuransi mobil yang pastinya sangat dipengaruhi oleh kondisi industri otomotif di Indonesia selama masa pandemi. Akan tetapi, kami bisa memperkokoh bisnis melalui unit bisnis dan diversifikasi portofolio produk lainnya," ujar Eric pada Senin (31/5/2021).

Peningkatan kualitas layanan, lanjut dia, menjadi salah satu langkah perseroan dalam menjaga bisnis di masa pandemi Covid-19. Asuransi Sompo pun memastikan calon nasabah bisa mendapatkan penawaran produk asuransi dengan harga yang kompetitif dan manfaat yang lebih banyak.

"Tahun ini, kami melihat adanya perbaikan ekonomi yang tentunya banyak dipengaruhi oleh stimulus dari pemerintah serta relaksasi pajak,” ujarnya.

Adapun, berdasarkan laporan keuangan 2020 (audited), perseroan mencatatkan pertumbuhan laba 17 persen secara tahunan. Menurutnya, pertumbuhan kinerja 2020 utamanya ditopang unit bisnis korporasi serta profitabilitas didukung oleh hasil underwriting, pendapatan investasi, dan produk syariah.

Pendapatan premi bruto Asuransi Sompo pada 2020 tercatat menurun akibat dampak pandemi Covid-19. Lalu, pembayaran klaim pada 2020 tercatat meningkat 3 persen secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper