Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Raharja Dapat Peringkat idAAA dari Pefindo

Perusahaan asuransi dengan peringkat idAAA memiliki karakteristik keamanan finansial yang unggul dibandingkan dengan perusahaan lain di Indonesia.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 07 September 2021  |  23:50 WIB
Jasa Raharja Dapat Peringkat idAAA dari Pefindo
Jasa Raharja - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Raharja memperoleh peringkat idAAA dengan prospek stabil dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Analis Pefindo Kreshna Dwinanta Armand dan Adrian Noer menjelaskan bahwa bahwa perusahaan asuransi dengan peringkat idAAA memiliki karakteristik keamanan finansial yang unggul dibandingkan dengan perusahaan lain di Indonesia.

Keduanya menjelaskan bahwa peringkat tersebut mencerminkan peran utama Jasa Raharja sebagai penyedia layanan publik yang mewakili pemerintah, yakni sebagai penyedia tunggal asuransi wajib bagi penumpang transportasi umum dan kecelakaan lalu lintas, dengan profil bisnis sangat kuat.

Pefindo pun menilai bahwa terdapat permodalan yang unggul dan kinerja operasional yang kuat dari Jasa Raharja. Peringkat itu pun dimoderasi oleh eksposur perseroan terhadap volatilitas pasar modal.

"Peringkat dapat diturunkan jika terdapat bukti material menurunnya dukungan dari pemerintah. Tekanan negatif tersebut dapat muncul jika peran Jasa Raharja dalam memberikan perlindungan dasar bagi penumpang transportasi umum dan korban kecelakaan lalu lintas berkurang secara signifikan," tulis Kreshna dan Adrian dalam keterangan resmi, Selasa (7/9/2021).

Keduanya menilai bahwa dampak pandemi Covid-19 terhadap profil kredit Jasa Raharja tergolong dapat dikendalikan, mengingat fungsinya sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani korban kecelakaan.

Penggunaan jasa perseroan bersifat wajib sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) 33/1964 dan UU 34/1964. Mandat Jasa Raharja tidak berubah meski tidak lagi berstatus persero, seiring penunjukan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai induk holding asuransi, termasuk Jasa Raharja.

"Dalam pandangan kami, pandemi Covid-19 tidak menyebabkan peningkatan klaim yang substansial dari penumpang umum atau korban kecelakaan lalu lintas. Hal ini dapat memitigasi dampak dari penurunan premi akibat penurunan penjualan otomotif dan utilisasi angkutan umum akibat kebijakan PSBB akibat pandemi Covid-19," tulis keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi pefindo peringkat jasa raharja
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top