Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lakukan 12 Kebiasaan Ini untuk Mencapai Financial Freedom

Anda ingin merasakan kebebasan finansial? Lakukan 12 kebiasaan ini agar dapat membantu Anda mencapai financial freedom.
Ilustrasi financial olanning untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom/Freepik.com
Ilustrasi financial olanning untuk mencapai kebebasan finansial atau financial freedom/Freepik.com

Raih Financial Freedom saat Muda dengan Cara Ini

7. Negosiasi

Banyak orang ragu-ragu bernegosiasi untuk barang dan jasa, khawatir bahw hal itu membuat mereka tampak miskin. Atasi hambatan budaya ini dan Anda bisa menghemat jutaan rupiah setiap tahun.

Usaha kecil, khususnya, cenderung terbuka untuk negosiasi, di mana membeli dalam jumlah besar atau bisnis berulang, dapat membuka pintu untuk diskon yang bagus.

8. Pelajari Secara Berlanjut

Tinjau semua perubahan yang berlaku dalam undang-undang perpajakan setiap tahun untuk memastikan bahwa semua penyesuaian dan pengurangan dimaksimalkan.

Ikuti terus berita dan perkembangan keuangan di pasar saham dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik melawan mereka yang memangsa investor yang tidak canggih untuk menghasilkan uang dengan cepat.

9. Pemeliharaan Tepat

Merawat properti dengan baik membuat segala sesuatu bertahan lebih lama. Karena biaya pemeliharaan adalah sebagian kecil dari biaya penggantian, hal ini adalah investasi yang tidak boleh dilewatkan.

10. Hidup Sesuai Kemampuan

Menguasai gaya hidup hemat dengan memiliki pola pikir menjalani hidup secara maksimal tidak begitu sulit. Memang, banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum akhirnya makmur.

Hal ini bukan tantangan untuk bergaya hidup minimalis. Namun, membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan dan hal-hal yang Anda inginkan adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial untuk dipraktikkan.

11. Jasa Penasihat Keuangan

Setelah mencapai titik di mana Anda telah mengumpulkan jumlah kekayaan yang cukup, Anda bisa berkonsultasi dengan penasihat keuangan untuk mendidik Anda serta membantu membuat keputusan.

12. Jaga kesehatan

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Investasikan kesehatan yang baik dengan kunjungan rutin ke dokter dan dokter gigi, dan ikuti saran kesehatan tentang masalah apa pun yang Anda hadapi. Banyak masalah dapat ditolong atau bahkan dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak berolahraga dan pola makan yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper