Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Literasi Keuangan, Prudential Bentuk Community Investment

Kecakapan literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk memberdayakan masyarakat agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  05:29 WIB
Karyawati beraktivitas di konter pelayanan Prudential Tower Jakarta, Rabu (7/2/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Karyawati beraktivitas di konter pelayanan Prudential Tower Jakarta, Rabu (7/2/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Prudential Life Assurance (Prudential) resmi membentuk Community Investment untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui serangkaian pelatihan.

Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe mengatakan inisiatif tersebut dilakukan untuk menyukseskan Bulan inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021 yang jatuh setiap Oktober.

Penyebabnya, kecakapan literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk memberdayakan masyarakat agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat.

"Oleh karena itu, Prudential Indonesia melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan melaksanakan beragam pelatihan literasi keuangan kepada masyarakat, baik dari kelompok perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, maupun UMKM," katanya melalui rilis, Minggu (24/10/2021).

Dia menjelaskan, saat ini nilai indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19 persen,melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI)1 yaitu sebesar 75 persen. 

Kendati demikian demikian, kondisi ini masih belum ideal karena masyarakat menggunakan produk keuangan tanpa pemahaman yang memadai tentang pengelolaannya. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang baru mencapai 38,03 persen.

Alhasil, dia menilai masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara indeks inklusi dan literasi keuangan, sehingga masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas dan memahami berbagai pilihan perencanaan keuangan.

Menurutnya, upaya-upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia sangat penting guna membantu individu menghindari kerapuhan ekonomi di masa depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi prudential literasi keuangan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top