Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Mudah Membuat Budgeting dan Menghitung Cash Flow

Simak 6 tips mudah membuat budgeting dan menghitung cash flow agar arus kas Anda tetap lancar.
1

Lakukan ini agar kondisi keuangan aman

Ilustrasi perencanaan keuangan atau budgeting - Freepik.com
Ilustrasi perencanaan keuangan atau budgeting - Freepik.com

4. Susun Rencana

Langkah keempat memerlukan variabel dan pengeluaran tetap yang telah dikumpulkan sebelumnya. Hal ini untuk membantu mengetahui apa yang akan dibelanjakan dalam beberapa bulan mendatang. 

Dengan pengeluaran tetap tersebut, Anda juga dapat memprediksi cukup akurat berapa banyak yang harus dianggarkan. Sebaiknya, gunakan kebiasaan untuk memeriksa pengeluaran sebelumnya sebagai panduan saat mencoba memprediksi pengeluaran variabel mendatang.

Jika perlu mengambil contoh misalnya, jika berkendara ke tempat kerja setiap hari, maka bensin mungkin dianggap sebagai kebutuhan. Namun, hal-hal seperti langganan musik bulanan dapat dihitung sebagai keinginan yang dibutuhkan. Perbedaan ini tentu menjadi penting ketika saatnya melakukan penyesuaian.

5. Sesuaikan Kebiasaan dan Gaya Hidup

Setelah berhasil melakukan semua langkah sebelumnya, saat ini diri telah berhasil mengantongi apa yang dibutuhkan untuk memenuhi anggaran tersebut.

Mencatat pendapatan dan pengeluaran dapat berfungsi untuk melihat di poin mana akan berpotensi memiliki sisa uang atau di pengeluaran mana dapat dikurangi.

Perlu diingat, melakukan dan menerapkan kebiasaan ini akan jauh lebih sulit karena membutuhkan disiplin yang lebih besar.

Konsistensi diri untuk cermat tentang apa yang menjadi "kebutuhan" dan "keinginan" mungkin saja "sulit untuk dipisahkan". Keputusan tersebut datang dengan konsekuensi besar. Jadi pastikan Anda berhati-hati dalam mempertimbangkan pilihan.

6. Rutin Memeriksa

Langkah terakhir yaitu meninjau anggaran secara teratur sangat penting untuk memastikan bahwa arus keuangan tetap pada jalurnya dan tidak melewati batas pemasukan.

Hal ini juga dapat dilakukan dengan membandingkan pengeluaran bulananan dengan pengeluaran orang-orang sekitar yang serupa.

Selamat mencoba!

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

financial planning personal finance perencanaan keuangan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top