Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Permata Gandeng Bangkok Bank, Terbitkan LC Chandra Asri Pakai Teknologi Blockchain

Bank Permata merupakan bank pertama di Indonesia yang sukses menerapkan transaksi trade finance melalui sistem blockchain.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 19 November 2021  |  12:44 WIB
Bank Permata Gandeng Bangkok Bank, Terbitkan LC Chandra Asri Pakai Teknologi Blockchain
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Permata Tbk. (BNLI) bermitra dengan Bangkok Bank PLC (Thailand) untuk mendukung penerbitan Letter of Credit (LC) PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. di Indonesia kepada supplier.

Untuk diketahui, Bank Permata merupakan bank pertama di Indonesia yang sukses menerapkan transaksi trade finance melalui sistem blockchain.

“Transaksi yang berhasil dilakukan melalui teknologi blockchain bersama Chandra Asri merupakan sebuah pencapaian sekaligus terobosan baru bagi proses trade finance di Indonesia,” kata Direktur Wholesale Banking PermataBank, Darwin Wibowo dalam keterangan resmi, Jumat (19/11/2021).

Darwin menuturkan, terobosan tersebut sejalan dengan strategi perseroan untuk memperluas skala bisnis dengan sinergi bersama Bangkok Bank dan memperkuat model bisnis dengan digitalisasi yang bermanfaat bagi kebutuhan nasabah.

Di sisi lain, Direktur Keuangan Chandra Asri, Andre Khor mengungkapkan, transaksi perdana dengan teknologi blockchain ini juga menandakan tonggak terbaru dari Program Transformasi Digital Chandra Asri.

“Ini adalah langkah kunci menuju penyederhanaan radikal dan transformasi proses pembiayaan perdagangan konvensional menuju sesuatu yang baru. Sebagai pemain industri utama, kami senang mencari terobosan untuk mempromosikan industrialisasi dan integrasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Andre.

Menurut Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank, Abdy D. Salimin, teknologi blockchain akan mengoptimalkan perdagangan global yang lebih mudah, efisien, dan aman untuk LC lintas batas dan domestik.

Dengan adanya teknologi ini, maka proses penerbitan LC dapat diselesaikan melalui single platform dengan waktu end-to-end process yang jauh lebih singkat dan dapat dimonitor secara real time.

Selain itu, teknologi blockchain juga akan membantu nasabah korporat memaksimalkan sumber daya dan meningkatkan arus kas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank permata chandra asri blockchain bangkok bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top