Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Capital (BACA) Bahas Perombakan Pengurus di RUPSLB 29 Desember 2021

Pada 22 November 2021, manajemen BACA telah menerbitkan pengumuman mengenai rencana RUSPLB tersebut.
Bank Capital/Istimewa
Bank Capital/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACA) akan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 29 Desember 2021.

Pada 22 November 2021, manajemen BACA telah menerbitkan pengumuman mengenai rencana RUSPLB tersebut. Pemegang saham yang berhak hadir adalah yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada Senin (6/12/2021) sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Tak hanya itu, pemegang saham pada sub rekening efek PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada penutupan perdagangan saham di BEI pada 6 Desember 2021 sampai dengan pukul 16.00 juga berhak hadir.

Adapun, dalam tanggapan terkait permintaan penjelasan atas pemberitaan yang disampaikan kepada BEI pada Kamis (2/12/2021), direksi Bank Capital menyampaikan bahwa agenda RUPSLB tersebut membahas 2 hal.

"Agenda RUPSLB yang akan diselenggarakan tanggal 29 Desember 2021 adalah perubahan susunan pengurus perseroan dan perubahan pasal 1 anggaran dasar perseroan," tulis Bank Capital.

Dalam tanggapan tersebut, manajemen BACA juga menyampaikan terkait dengan pemenuhan modal inti minimum sesuai aturan OJK, saat ini perseroan sedang dalam proses Penawaran Umum Terbatas (PUT) IV dengan HMETD dan menunggu pernyataan efektif OJK.

Bank Capital tercatat memiliki modal inti senilai Rp1,57 triliun per September 2021, sedangkan berdasarkan POJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, bank wajib memenuhi modal inti Rp2 triliun pada akhir 2021 dan Rp3 triliun pada akhir 2022.

Terkait pemenuhan tersebut, Bank Capital pun akan melaksanakan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue sebanyak-banyaknya 20 miliar saham biasa atas nama dengan nominal Rp100 per saham. 

Untuk harga penawaran belum ditetapkan, begitu juga dengan total dana yang akan didapatkan dari aksi ini. Perseroan dalam melakukan PMHMETD lV telah mengantongi persetujuan dari RUPSLB pada 25 Agustus 2021. 

"Seluruh dana yang didapatkan dari PUT IV [100 persen] akan digunakan untuk modal kerja bank," terang manajemen dalam penjelasan kepada Bursa pada Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper