Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Kartu Kredit Syariah dan Keunggulannya

Berikut adalah penjelasan mengenai kartu kredit syariah, perbedaan serta keunggulan dari kartu kredit konvensional, dan bank-bank yang menerbitkannya.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  09:55 WIB
Ilustrasi kartu kredit - Pexels.com
Ilustrasi kartu kredit - Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Guna mengakomodir nasabah yang menghindari riba, sejumlah bank pun menyediakan produk bithaqah al-l’timan atau kartu kredit syariah.

Sama seperti namanya, kartu kredit tersebut dijalankan dengan prinsip yang bersifat syari, yang mana telah diatur dalam ketentuan umum fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Nomor 54/DSN-MUI/X/2006, tentang Kartu Kredit Syariah atau Syariah Card.

Akad dalam kartu kredit syariah

Adapun salah satu ketentuan yang tertuang dalam fatwa DSN-MUI tersebut ialah tentang akad. Diketahui, kartu kredit syariah menjalankan tiga akad, sebagai berikut:

  1. Kafalah: Penerbit kartu kredit syariah bertindak sebagai penjamin bagi pemegang kartu atas semua transaksi dengan merchant dan/atau penarikan tunai dari selain bank atau ATM bank penerbit kartu. Atas hal tersebut, pihak bank pun boleh menerima imbalan.
  2. Qardh: Penerbit kartu kredit syariah adalah pemberi pinjaman kepada pemegang kartu melalui penarikan tunai dari bank atau ATM bank penerbit kartu.
  3. Ijarah: Penerbit kartu kredit syariah adalah penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu. Atas hal tersebut, pemegang kartu dikenakan membership fee.

Keuntungan menggunakan kartu kredit syariah

Adanya ketiga akad itulah yang kemudian membuat kartu kredit syariah ini tidak menggunakan sistem bunga. Dengan demikian, nasabah terhindar dari riba.

Selain itu, biaya administrasi yang dibebankan cenderung lebih murah dari suku bunga yang digunakan pada kartu kredit konvensional.

Sementara itu, jika suatu hari Anda terlambat melakukan pembayaran, denda yang dibayarkan akan dialihkan sebagai dana sosial. Dengan kata lain, tidak menjadi keuntungan bagi bank penerbit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah perbankan syariah kartu kredit
Editor : Aliftya Amarilisya

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top