Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebelum Beli Unit Linked, Kenali Dulu 8 Istilah Penting Ini

Asuransi unit linked merupakan produk keuangan yang memiliki kombinasi proteksi asuransi sekaligus produk investasi. Untuk itu, masyarakat perlu memahami sejumlah istilah penting sebelum membeli unit linked.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 20 Februari 2022  |  20:00 WIB
Ilustrasi asuransi unit link - Fincash
Ilustrasi asuransi unit link - Fincash

Bisnis.com, JAKARTA -- Seiring perkembangan zaman, masyarakat semakin sadar akan pentingnya memiliki proteksi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi melalui produk asuransi jiwa. Di sisi lain, kesadaran masyarakat untuk berinvestasi juga semakin meningkat.

Terdapat kombinasi produk keuangan yang memiliki proteksi asuransi sekaligus produk investasi, yakni asuransi unit linked. Produk ini termasuk dalam produk asuransi nontradisional.

Dikutip dari siaran pers, Minggu (20/2/2022), selain ditujukan untuk keperluan proteksi yang dapat memberi perlindungan jiwa dan kesehatan hingga usia 99 tahun, sebagian premi yang dibayarkan pada unit linked juga akan dialokasikan untuk berinvestasi sehingga terdapat nilai dana dari hasil investasi. Hasil investasi akan bergerak mengikuti kondisi pasar, jika nantinya terbentuk bisa menjadi penolong ketika keuangan sedang tidak baik, atau pada saat memasuki masa pensiun.

Asuransi unit linked sejatinya memiliki persamaan mendasar dengan asuransi jiwa murni, yaitu melindungi nasabah dan keluarga dari berbagai risiko finansial. Oleh karena itu, asuransi unit linked tidak tepat jika tujuannya hanya untuk mencari keuntungan finansial saja. Perlu diingat bahwa ilustrasi investasi tidak bisa dijamin karena tergantung pada kondisi ekonomi lokal dan global. Asuransi unit linked menawarkan kemudahan untuk memiliki proteksi sekaligus investasi sehingga cocok untuk nasabah yang belum terbiasa berinvestasi sendiri.

Setelah memahami pengertian asuransi unit linked, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengajak masyarakat untuk bisa mengenal delapan istilah penting yang perlu dipahami sebelum memiliki unit linked.

“Astra Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa yang turut berkomitmen untuk mendukung peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia melalui konten-konten edukasi di semua kanal komunikasi yang ada. Kami berharap nasabah dapat lebih bisa memahami setiap produk asuransi yang dimiliki, agar bisa menjalani berbagai tahapan hidup dengan rasa tenang dan aman dan tentunya tetap bisa mencintai hidup #iGotYourBack,” ujar Windy Riswantyo selaku Head of Marketing, Branding & Digital Astra Life.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi jiwa perusahaan asuransi asuransi unit linked
Editor : Azizah Nur Alfi

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top