Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA Kembali Jadi Penyalur Insentif Program Kartu Prakerja

Penyelenggaraan program Kartu Prakerja ikut mendorong munculnya pengguna baru DANA.
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Dompet digital DANA kembali ditunjuk menjadi salah satu mitra resmi penyalur dana insentif bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang ke-24 yang baru saja dibuka.

Penunjukkan DANA sebagai mitra program Kartu Prakerja mempertegas kepercayaan pemerintah terhadap kapabilitas dan kredibilitas DANA sebagai salah satu jembatan bagi seluruh ekosistem ekonomi.

“Kami menyambut positif dibukanya program Kartu Prakerja gelombang ke-24 yang secara nyata telah berkontribusi dalam meningkatkan kapabilitas dan kompetensi masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19. DANA akan memastikan integrasi kami dengan pelaksana Program Kartu Prakerja berjalan optimal, sehingga data yang diperoleh terjamin akurasinya dan distribusi insentif pun dijamin tepat sasaran,” ujar Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia, dikutip dari siaran pers, Minggu (20/3/2022).

Sejak 2020, DANA telah mendukung program Kartu Parkerja sebagai salah satu mitra resmi penyalur dana insentif bagi penerima program. Dukungan terhadap program Kartu Prakerja sejalan dengan komitmen berkelanjutan DANA dalam berkontribusi terhadap penguatan ekonomi digital nasional, salah satunya melalui program-program pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Untuk melanjutkan kepercayaan yang telah diberikan, DANA terus mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan penggunaan DANA untuk menerima manfaat dari program Kartu Prakerja. DANA meyakini, pemanfaatan DANA bukan saja akan membuat penyaluran insentif program Kartu Prakerja lebih efisien dan tepat sasaran, tetapi juga meningkatkan inklusi keuangan nasional.

Kontribusi digitalisasi bantuan sosial ini dengan layanan dompet digital terbukti dalam meningkatkan inklusi keuangan. Berdasarkan pantauan DANA, penyelenggaraan program Kartu Prakerja ikut mendorong munculnya pengguna baru DANA. Sepanjang 2021, terpantau lebih dari 83 persen penerima manfaat Kartu Prakerja berasal dari pengguna baru.

Penyaluran dana insentif secara digital kepada penerima program Kartu Prakerja juga ikut mendorong adopsi dompet digital DANA. Terbukti, peserta program Kartu Prakerja memanfaatkan dana insentif yang diterimanya untuk berbagai kebutuhan. Sebanyak 64 persen di antaranya untuk mengirim uang, kemudian untuk melakukan top up pulsa, berbelanja lewat e-commerce, membayar tagihan bulanan, dan banyak lagi.

Agustina mengatakan, hal ini selaras dengan manfaat program Kartu Prakerja yang tidak hanya diharapkan untuk menjangkau, meningkatkan kompetensi, serta memberdayakan masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital untuk menjawab tantangan era digital maupun pandemi.

“Dengan pencairan dana insentif program Kartu Prakerja melalui DANA, kami berharap masyarakat juga dapat merasakan beragam solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang tersedia di dompet digital DANA. Dengan begitu, literasi dan inklusi keuangan digital kelak ikut meningkat,” katanya.

Dia menegaskan, teknologi yang dimiliki DANA membuat proses penyaluran insentif bagi penerima program dapat dilakukan secara realtime. Selain itu, pengguna DANA yang menjadi peserta Program Kartu Prakerja juga akan menerima notifikasi pada saat lolos tahap verifikasi maupun saat dana insentif telah berhasil dikirimkan.

Adapun, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-24 telah resmi dibuka oleh pemerintah pada 17 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper