Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi E-Commerce Capai Rp401 Triliun, Kartu GPN Kini Bisa Dipakai Belanja Online

Kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) kini sudah bisa digunakan untuk berbelanja online, seiring dengan pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce yang mencapai nilai Rp401 triliun.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  17:07 WIB
Pengunjung mengamati kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Kamis (3/5/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pengunjung mengamati kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Kamis (3/5/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai transaksi e-commerce di Indonesia tahun 2021 tercatat mencapai Rp401 triliun. Seiring dengan laju pertumbuhan transaksi e-commerce, kartu debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pun sudah bisa digunakan untuk berbelanja secara daring.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga, menyatakan pertumbuhan nilai transaksi e-commerce mencapai Rp401 triliun pada tahun 2021.

Sedangkan potensi masyarakat yang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, namun belum sepenuhnya melek digital adalah sebesar 20 persen dari nilai total penduduk Indonesia. 

“Pertumbuhan penggunaan e-commerce ditunjang oleh 2 hal utama, yakni logistik dan sistem pembayaran digital,” ujar Bima dalam keterangan resmi, (28/3/2022).

Menurut Bima, penting bagi semua pihak untuk mendukung pertumbuhan UMKM agar bisa transisi menuju ekosistem digital.

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) memperkenalkan fitur baru kartu debit GPN, yaitu sistem untuk menjamin keamanan saat melakukan transaksi pembayaran digital dengan menggunakan 3 Domain Secure atau 3DS yang diimplementasikan kepada seluruh anggota bank terdaftar.

Sistem tersebut merupakan directory server yang menghubungkan antara payment gateway dengan bank. 

Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista menyebut fitur ini untuk mendukung kenyamanan bertransaksi nasabah, serta mendukung misi GPN.

"Fitur tersebut sejalan dengan peran Jalin untuk memberikan kenyamanan di setiap transaksi keuangan guna mendukung visi besar menjadi The National Digital Highway," ujar Boyke.

Jalin juga mengapresiasi seluruh anggota bank terdaftar lewat ajang Jalin CX Summit 2022. Beberapa bank yang memperoleh apresiasi di antaranya Bank Mandiri sebagai The Best Partner of The Year, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai The Most Active Issuer ATM Business.

Ada pula Bank Negara Indonesia (BNI) yang memperoleh predikat The Most Active Acquirer ATM Business, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai The Most Excellence Sharia Bank, dan Bank Central Asia (BCA) sebagai The Most Responsive Bank.

Sementara itu, Bank Tabungan Negara (BTN) mendapat apresiasi sebagai The Most Supportive Bank. Sejumlah bank daerah seperti BPD Lampung meraih predikat The Most Cooperative Bank, BPD Sumut sebagai The Most Excellence Growth, Bank Ganesha dengan apresiasi sebagai The Most Loyal Bank dan Bimasakti memperoleh penghargaan sebagai The Most Active QRIS. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan belanja online kartu debit ecommerce
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top