Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Bank yang Bisa Kasih Pinjaman Tanpa Jaminan

KTA adalah produk pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa mengharuskan calon peminjam memberikan jaminan berupa harta atau aset seperti layaknya pinjaman bank pada umumnya.
Ilustrasi. /Bisnis.com
Ilustrasi. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah bank di Indonesia dapat menyalurkan kredit tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan (KTA). Sebagai informasi KTA adalah produk pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa mengharuskan calon peminjam memberikan jaminan berupa harta atau aset seperti layaknya pinjaman bank pada umumnya.

Kendati tanpa jaminan, debitur tetap harus membayarkan cicilan secara tepat waktu. Apabila terjadi masalah, pihak bank memang tidak berwenang untuk menyita aset debitur, tetapi kredit macet akan membuat nama debitur masuk daftar negatif Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Hal tersebut akan menyulitkan debitur untuk melakukan pinjaman kepada bank pada kemudian hari. SLIK yang bersih merupakan syarat utama untuk mendapatkan pinjaman bank. 

Adapun Lazimnya KTA lebih mudah diajukan ke bank yang merupakan rekening gaji atau payroll. Akan tetapi saat ini banyak juga bank yang dapat mencairkan KTA, meskipun tidak memiliki rekening payroll di bank tersebut. 

Teknologi juga telah memudahkan proses pengajuan KTA. Sejumlah bank bahkan mengklaim dapat memberikan persetujuan KTA dalam hitungan menit. 

Selain itu, satu kelebihan KTA adalah proses pengajuannya lebih sederhana dibandingkan kredit lain, tetapi biasanya memiliki bunga yang leibh tinggi. Lengkapnya berikut kelebihan dan kekurangan KTA.

Kelebihan KTA

  • Masa pencairan cepat. 
  • Syarat mudah.
  • Hampir semua bank memiliki layanan KTA

Kekurangan KTA

  • Bunga relatif tinggi.
  • Tenor relatif pendek.
  • Plafon kredit terbatas

Bila sudah yakin hendak mengajukan KTA, berikut daftar beberapa bank yang menyediakan KTA.

Daftar bank yang menyediakan program KTA:

  1. Bank Mandiri
  2. BRI
  3. BNI
  4. OCBC NISP
  5. Maybank
  6. Bank Permata
  7. Digibank DBS
  8. Danamon
  9. CIMB Niaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper