Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Begini Jadwal Rights Issue Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP)

PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,96 miliar saham baru dalam aksi penawaran umum terbatas IV (PUT IV) atau rights issue yang rencananya akan dilaksanakan pada Juni 2022.
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA--PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,96 miliar saham baru dalam aksi penawaran umum terbatas IV (PUT IV) atau rights issue yang rencananya akan dilaksanakan pada Juni 2022. 

Berdasarkan prospektus yang dirilis dalam Bursa Efek Indonesia, Rabu (20/4/2022), AHAP akan melakukan penambahan modal dengan menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak-banyaknya 1,96 miliar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama dengan nominal Rp50 per saham dan harga pelaksanaan Rp50 per saham. Jumlah dana yang akan diterima perseroan dalam PUT IV ini sebanyak-banyaknya sebesar Rp98 miliar. 

"Jumlah saham baru yang ditawarkan dalam PUT IV ini sebesar 66,67 persen dari jumlah seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan, yang akan dikeluarkan dari portepel, serta akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia dengan senantiasa memperhatikan perundang-undangan yang berlaku," tulis manajemen AHAP dalam prospektus.

Setiap pemegang tiga saham lama yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada 16 Juni 2022 pukul 16.00 WIB berhak atas dua HMETD, di mana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp50 per saham.

Manajemen menyampaikan, berdasarkan surat pernyataan pemegang saham utama perseroan, yakni PT Asuransi Central Asia pada 14 April 2022 menyatakan akan mengambil bagian dengan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PUT IV, dengan mengonversi seluruh pinjaman subordinasi sebesar Rp25 miliar menjadi setoran modal untuk pengambilan sebagian HMETD yang menjadi haknya dan sisanya akan dibayarkan secara tunai. 

Sementara itu, pemegang saham yang tidak menggunakan haknya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sampai dengan maksimum 40 persen. 

"Dana yang diperoleh perseroan dari hasil hasil PUT IV ini setelah dikurangi dengan seluruh biaya yang terkait dengan PUT IV, akan digunakan perseroan seluruhnya untuk memperkuat permodalan dan meningkatkan kinerja perseroan, dan akan ditempatkan pada instrumen investasi sesuai dengan POJK No.71/POJK.05/2016," jelas manajemen AHAP. 

Berikut jadwal rights issue AHAP:

Tanggal efektif dari OJK : 06 Juni 2022

Tanggal Cum-HMETD di pasar regular dan pasar negosiasi : 14 Juni 2022

Tanggal Cum-HMETD di pasar tunai : 16 Juni 2022

Tanggal Ex-HMETD di pasar regular dan pasar negosiasi : 15 Juni 2022

Tanggal Ex-HMETD di pasar tunai : 17 Juni 2022 

Tanggal terakhir pencatatan dalam DPS yang berhak atas HMETD

(recording date) : 16 Juni 2022

Tanggal Distribusi HMETD : 17 Juni 2022

Tanggal pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia : 20 Juni 2022

Periode perdagangan HMETD : 20– 24 Juni 2022

Periode pendaftaran, pembayaran dan pelaksanaan HMETD : 20– 24 Juni 2022

Periode penyerahan saham hasil pelaksanaan HMETD : 22– 28 Juni 2022

Tanggal terakhir pembayaran pemesanan saham tambahan : 28 Juni 2022

Tanggal penjatahan : 29 Juni 2022

Tanggal pengembalian uang pemesanan pembelian saham tambahan : 30 Juni 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper