Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobile Banking dan Bank Digital BCA (BBCA) Apa Bedanya?

Diketahui BCA saat ini memiliki aplikasi BCA Mobile Banking yang dapat mendukung berbagai layanan perbankan nasabah melalui kanal digital.
Logo Blu BCA Digital/Istimewa
Logo Blu BCA Digital/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kemudahan dalam bertransaksi menjadi pembeda utama antara aplikasi miliki Bank Digital BCA dengan milik induknya PT Bank Central Asia Tbk. atau BBCA

Satu pedoman PT Bank Digital BCA dalam memberikan layanan kepada nasabah adalah gaya hidup anak muda yang mendambakan kemudahan dalam bertransaksi.

Sebagaimana diketahui BCA saat ini memiliki aplikasi BCA Mobile Banking yang dapat mendukung berbagai layanan perbankan nasabah melalui digital. Pada waktu yang sama Bank Digital BCA juga memiliki aplikasi blu, yang tidak jauh berbeda dengan BCA Mobile Banking. 

Direktur IT dan Operasi BCA Digital Iman Sentosa mengakui beberapa fitur dalam aplikasi blu memiliki kesamaan dengan BCA Mobile Banking. Meski demikian perusahaan berusaha memberikan pengalaman berbeda kepada nasabah saat menggunakan aplikasi blu, salah satunya adalah proses transaksi yang lebih mudah dan nyaman. 

“Transfer dan bayar sama saja, tetapi caranya yang kami buat mudah,” kata Iman kepada Bisnis, Minggu (1/5/2022).

Dia mengatakan perbedaan dalam proses transaksi menjadi keharusan karena segmen nasabah BCA Digital berbeda dengan sang induk. BCA Digital mengincar pelanggan generasi muda. 

Sekadar informasi, sejak pertama diluncurkan pada Juli 2021 hingga 21 April 2022, jumlah pengguna akun blu by BCA Digital sudah lebih dari 675.900 pengguna. Mayoritas pengguna blu berada di usia 17 - 25 tahun (44%). Sebagian besar berdomisili di DKI Jakarta, disusul oleh pengguna dari Bandung dan Bogor

Dari sisi pekerjaan, pengguna terbanyak memiliki background sebagai karyawan swasta, pelajar/mahasiswa, dan ibu rumah tangga.

Sementara itu dari sisi total nominal seluruh transaksi hingga 21 April 2022 mencapai Rp23,7 triliun Year to Date/ytd. Dari total transaksi uang masuk ke rekening blu by BCA Digital dari bank lain periode Januari 2022 hingga 21 April 2022 mencapai lebih dari Rp5,1 triliun

Selain itu, hal lain yang mendorong BCA Digital harus dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih baik kepada pelanggan karena kanal nasabah BCA Digital dalam bertransaksi hanya ponsel pintar. Berbeda dengan induk yang memiliki kantor cabang dan lain sebagainya.

Iman mengatakan ke depan perusahaan akan terus berupaya dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan perbankan di BCA Digital. 

“Kami berhitung agar dalam beberapa klik saja transaksi dapat terjadi. Kami memiliki tim yang mempelajari aplikasi bank lain dan dari situ kami belajar,” kata Iman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper