Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Bank Digital Terbesar di Dunia Versi The Asian Banker, Ada dari Indonesia?

Hanya 29 dari 100 bank digital teratas secara global yang menguntungkan, salah satunya WeBank dari China.
Ilustrasi bank digital. /facebook.com/WeBankCN
Ilustrasi bank digital. /facebook.com/WeBankCN

Bisnis.com, JAKARTA — The Asian Banker mengumumkan sebanyak 10 bank digital yang menduduki peringkat teratas Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022. 

Dilansir dari The Asian Banker, Sabtu (4/6/2022), hanya 29 dari 100 bank digital teratas secara global yang menguntungkan. Aset gabungan dari 100 bank digital teratas dunia mencapai US$2 triliun pada 2021. 

Penilaian ini berasal dari TABInsights, cabang penelitian The Asian Banker, yang telah meluncurkan penilaian komprehensif pertama di dunia yang fokus terhadap bank digital. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan serangkaian kriteria evaluasi yang transparan.

Adapun lima dimensi utama penilaian yang mencakup pengalaman pelanggan, cakupan pasar/produk, profitabilitas, pertumbuhan aset dan simpanan, serta pendanaan. 

Peringkat Global Top 100 Digital-only Banks berfokus pada bank digital-only generasi pertama dan kedua yang paling sukses yang beroperasi secara independen dari bank komersial tradisional dan menawarkan pengalaman pelanggan virtual yang unik,” kata The Asian Banker, dikutip Sabtu (4/6/2022). 

Selain itu, dalam penilaiannya, TABInsights juga menyertakan layanan perbankan digital bank komersial hanya jika mereka adalah operasi mandiri atau anak perusahaan. 

Dalam laporannya, WeBank dari China, Ally Bank dari Amerika Serikat, dan ING Global dari Belanda menempati urutan tiga besar Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022. 

WeBank, bank serba digital terbesar di China dengan total aset US$69 miliar menjadi bank digital terbaik di dunia. WeBank terintegrasi dengan media sosial dan platform pembayaran WeChat dan WeChat Pay yang didorong oleh bisnis pinjaman mikro ritel dan UKM. 

WeBank mencatat rekor hasil pada 2021 yang menunjukkan momentum pertumbuhan pada semua indikator. Bank dengan platform perbankan terbuka telah terintegrasi dengan sebagian besar lembaga keuangan di China. 

Ini [WeBank] adalah bank pertama di dunia yang membangun ekosistem infrastruktur blockchain skala besar dan komersial yang mendukung lebih dari 360 juta transaksi per hari,” jelasnya. 

Berikut daftar 10 Global Top Digital Bank Ranking 2022 Versi The Asian Banker dari TABInsights: 

1.       WeBank – China

2.       Ally Bank – Amerika Serikat

3.       ING Global – Belanda

4.       MYBank – China

5.       Klarna – Swedia

6.       Tinkoff Bank – Rusia

7.       Suning Bank – China

8.       KakaoBank – Korea Selatan

9.       ING – Jerman

10.   Nubank – Brasil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper