Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjaman Investree ke 1.406 UMKM di eFishery Capai Rp122 Miliar

Selama hampir dua tahun bekerja sama eFishery, Investree berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp122,2 miliar kepada 1.406 UMKM petambak yang tersebar di Tanah Air per Mei 2022.
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial pendanaan bersama (P2P lending) PT Investree Radhika Jaya (Investree) melanjutkan komitmen mendorong potensi kelautan dan perikanan Indonesia lewat penyaluran pinjaman ke UMKM dalam ekosistem eFishery.

Selama hampir dua tahun bekerja sama dengan startup akuakultur tersebut, Investree berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp122,2 miliar kepada 1.406 UMKM petambak yang tersebar di Tanah Air per Mei 2022.

Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin mengungkap kerja sama ini berawal dari cita-cita Investree yang ingin meningkatkan akses permodalan dan menjangkau UMKM dari sektor unik dan kental dengan nuansa Indonesia sebagai negara maritim.

"Kami berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi yang mampu memudahkan para mitra atau pembudidaya memperoleh dukungan pembiayaan. Sesuai dengan kampanye Investree sepanjang 2022, Kolaborasi untuk Tumbuh, semangat kami membantu para UMKM petambak menyehatkan bisnisnya dan membuat mereka lebih tangguh menghadapi segala tantangan," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (11/6/2022).

Selain itu, Investree juga aktif berpartisipasi dalam acara yang dihelat bersama rekanan dengan tujuan menjangkau lebih banyak UMKM petambak. Salah satunya, Fisheries Millennials Startup Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 30-31 Mei 2022 lalu, dan ikut memeriahkan Hari Laut Sedunia 2022.

Melalui kolaborasi dengan eFishery, Investree menyalurkan pinjaman kepada mitra-mitra eFishery antara lain pembudidaya, agen, dan konsumen business-to-business (B2B).

Mekanismenya, pembudidaya mengajukan pinjaman melalui platform digital eFisheryFund lalu Tim eFishery menilai dan menentukan apakah mereka memenuhi syarat dan kriteria untuk memperoleh pembiayaan atau tidak.

Hasil penilaian ini kemudian diajukan kepada Investree untuk dilakukan verifikasi kembali sesuai dengan sistem credit-scoring Investree. Jika pembudidaya dinyatakan lolos proses verifikasi oleh Investree, Investree akan menyalurkan pembiayaan yang kemudian didistribusikan ke dalam produk-produk eFishery.

"Untuk menjaga kualitas pembiayaan, Investree dan eFishery menerapkan uji kelayakan dan sistem credit-scoring yang ketat dengan melihat data dari IoT eFishery serta melakukan pengecekan silang terhadap data sesungguhnya di lapangan," sambung Salman.

Untuk lebih memaksimalkan dukungan pembiayaan bagi UMKM di Tanah Air yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan, Investree mengajak perusahaan, organisasi, atau institusi sejenis eFishery atau platform kelautan dan perikanan lainnya untuk menjadi Rekanan (atau Partner) Investree.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi menambahkan bahwa sejak awal Investree memang menjadikan kemitraan strategis sebagai salah satu inisiatif kunci perusahaan.

Secara umum, kolaborasi ini memberikan peluang bertumbuh bagi para pelaku UMKM atau pengguna yang berada dalam ekosistem rekanan perusahaan, terutama kaitannya dengan penyediaan akses permodalan.

"Ini juga bisa menjadi nilai tambah yang dimiliki oleh rekanan perusahaan. Dengan banyaknya rekanan perusahaan kelautan atau perikanan yang bergabung sebagai rekanan, harapannya semakin banyak bisnis UMKM dari bidang tersebut yang tumbuh secara berkelanjutan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper