Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Tips Menabung yang Efektif, Dijamin Anti Gagal!

Berikut 8 tips menabung yang efektif dan efisien. Dijamin anti gagal dan tujuan Anda tercapai.
Ilustrasi menabung dana darurat/Startupguys
Ilustrasi menabung dana darurat/Startupguys

Lakukan ini jika ingin tabungan makin banyak!

8 Tips Menabung yang Efektif dan Anti Gagal 

5. Tentukan Prioritas Keuangan 

Setelah mengetahui pengeluaran dan pendapatan Anda, secara tidak langsung tujuan akan mengikuti bagaimana Anda mengalokasikan tabungan.

Misalnya, jika Anda tahu Anda akan perlu mengganti mobil Anda dalam waktu dekat, Anda bisa mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil sekarang. Pastikan untuk terus mengingat tujuan jangka panjang, seperti persiapan dana pensiun.

6. Pilih Produk yang Tepat

Ada banyak rekening tabungan dan investasi yang cocok untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Perhatikan baik-baik semua opsi dan pertimbangkan saldo minimum, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat Anda membutuhkan uang. Berikut pilihannya:

Produk untuk Tujuan jangka pendek

  • Sebuah rekening tabungan
  • Sertifikat deposito, yang mengunci uang Anda untuk jangka waktu tertentu pada tingkat yang biasanya lebih tinggi daripada rekening tabungan.   

Produk untuk Tujuan jangka panjang

Jika Anda menabung untuk masa pensiun atau pendidikan anak Anda, pertimbangkan:

  • Simpanan dana pensiun
  • Sekuritas, seperti saham atau reksa dana.

7. Sistem Auto Debet

Hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak, dan ke rekening mana harus mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung, sehingga setiap gaji, sebagiannya akan terpotong dan langsung masuk ke rekening tabungan Anda.

8. Perhatikan Nominal Tabungan

Tinjau anggaran Anda dan periksa progress keuangan yang Anda tabung setiap bulan. Itu akan membantu Anda tidak hanya berpegang pada rencana tabungan pribadi Anda, tetapi juga mengidentifikasi dan memperbaiki suatu masalah.

Memahami cara menghemat uang tentu dapat menginspirasi Anda untuk memilih strategi yang efektif untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat. Tetapkan tujuan jangka pendek yang kecil dan dapat dicapai untuk sesuatu yang menyenangkan dan melampaui anggaran bulanan Anda, seperti membeli smartphone baru atau hadiah liburan.

Mencapai tujuan yang lebih kecil dan menikmati hadiah yang telah Anda simpan, dapat memberi Anda dorongan psikologis, membuat hasil menabung lebih cepat dan memperkuat kebiasaan.

Selamat menabung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper