Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukses Transformasi Bisnis, BRI Finance Diganjar Special Award dari Bisnis Indonesia

BRI Finance sukses bertransformasi menjadi multifinance yang fokus pada segmen pembiayaan konsumen Grup BRI, terutama pembiayaan sektor otomotif.
Logo BRI Finance./Bisnis.com
Logo BRI Finance./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan pembiayaan PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) mendapat penghargaan Special Award Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 Kategori Excellent In Business Model Transformation.

Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah menerima langsung penghargaan ini dalam seremoni Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022, Senin (15/8/2022).

Sampai semester I/2022, Azizah pun mengklaim kinerja BRI Finance masih on the track dalam rangka membidik realisasi penyaluran pembiayaan menyentuh Rp5 triliun, atau naik sekitar 35 persen (year-on-year/yoy) ketimbang capaian tahun lalu senilai Rp3,7 triliun.

Azizah menjelaskan bahwa transformasi menjadi multifinance yang fokus pada segmen pembiayaan konsumen Grup BRI telah digelar sejak 2019, namun baru di tahun 2022 ini pihaknya berhasil memacu pertumbuhan segmen konsumer secara lebih agresif di tengah permintaan tinggi di pasaran.

Terbukti, porsi pembiayaan konsumen dibandingkan dengan pembiayaan komersil BRI Finance pada 2020 masih 35:65 persen, kemudian berbalik menjadi 59:41 persen pada 2021, dan berlanjut 68:32 persen per Mei 2022.

"Per Juni 2022, portofolio pembiayaan BRI Finance telah mencapai Rp5,8 triliun atau naik 39 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara penyaluran pembiayaan baru per Juni 2022, tercatat tumbuh 42,6 persen dibandingkan semester I/2021," jelasnya.

BRI Finance pun masih membidik pertumbuhan piutang pembiayaan berlipat untuk mendongkrak aset, melanjutkan tren pertumbuhan piutang pembiayaan kotor dari Rp3,7 triliun pada akhir 2020 menjadi Rp4,8 triliun pada akhir 2021.

Ke depan, BRI Finance masih membidik mampu menjadi salah satu multifinance yang berfokus pada pembiayaan konsumen dengan total aset di atas Rp10 triliun pada 2024. Sebagai perbandingan, aset BRI Finance pada akhir 2020 mencapai Rp4,1 triliun, kemudian tumbuh menjadi Rp5,3 triliun pada akhir 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper