Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inklusi Keuangan, Bank DKI Dukung Program Satu Rekening Satu Pelajar

Bank DKI menilai salah satu program Satu Rekening Satu Pelajar yang memberikan dampak positif untuk inklusi keuangan.
Ilustrasi pelajar SMA menanyakan program Tabungan Simpanan Pelajar Bank DKI/Dok. Bank DKI
Ilustrasi pelajar SMA menanyakan program Tabungan Simpanan Pelajar Bank DKI/Dok. Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI mendukung sosialisasi inklusi dan literasi keuangan, khususnya bagi pelajar agar bisa mengelola keuangan dengan benar. Salah satu program yang memberikan dampak positif, yaitu Satu Rekening Satu Pelajar.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan perseroan telah mendukung langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk ikut dalam program Tabungan Simpanan Pelajar yang tersedia dalam skim konvensional dan Syariah dengan nama produk Tabungan Simpel iB.

Terbukti bahwa sampai dengan 22 Agustus 2022 ini, sudah ada lebih dari 819 ribu lebih pelajar yang memiliki produk tabungan Simpel dan tabungan Monas Pelajar Bank DKI dengan nominal simpanan lebih dari Rp93 miliar.

"Ini merupakan komitmen Bank DKI dalam mendorong budaya menabung sejak dini serta sebagai bentuk penerapan literasi dan inklusi keuangan," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (24/8/2022).

Herry mengatakan angka tersebut dicapai berkat upaya Bank DKI yang secara konsisten terus melakukan sosialisasi Program Satu Rekening Satu Pelajar kepada Sekolah Negeri dan Swasta di DKI Jakarta.

Selain itu, Bank DKI juga turut bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan pembentukan rekening Simpanan Pelajar serta kegiatan Edukasi "Ayo Menabung dengan SimPel Bank DKI" Kepada Pelajar dengan media Online (Podcast Youtube Channel JakDisdik Tv).

Sebagaimana diketahui, OJK bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan industri perbankan mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi pelajar melalui penyelenggaraan rangkaian KEJAR Prestasi Anak Indonesia atau Kreasi.

Selain berpartisipasi dalam program Tabungan Simpel, Bank DKI menjadi bank penyalur Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul. Bank DKI juga dipercaya menjadi pengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Pendidikan dimana Bank DKI Bersama Dinas Pendidikan

"Kami juga mengelola Penyaluran Bantuan Dana Penyediaan Makanan Tambahan pada Satuan Pendidikan/ PMT-AS sebagai implementasi atas PerGub Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah pada Satuan Pendidikan," ucapnya.

Selain tabungan Simpel yang diperuntukan bagi kalangan pelajar, Bank DKI juga memiliki tabungan Monas Rencana yang diperuntukan bagi nasabah untuk menabung secara disiplin setiap bulan dalam jumlah tetap selama periode waktu tertentu.

Era digital saat ini kan memang menuntut perbankan untuk lebih adaptif dalam memenuhi ekspektasi apa yang benar-benar menjadi keinginan nasabah dan masyarakat.

"Untuk itu, Bank DKI telah menghadirkan New JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan user friendly dalam memenuhi ekspektasi nasabah khususnya generasi Z dan milenial," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper