Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi Bank Permata (BNLI) Bisa untuk Transaksi QRIS di Thailand

PT Bank Permata Tbk. merilis fitur QRIS Cross-Border di aplikasi mobile banking PermataMobile X. Bisa digunakan transaksi di Thailand.
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Permata Tbk. (BNLI) ,sebagai bagian dari Bangkok Bank Group, menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi lintas negara, termasuk Thailand, melalui QRIS atau QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. 

Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli mengatakan dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara. 

Selain itu, PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di ASEAN melalui QR Pay Cross-Border serta mewujudkan ekosistem cashless society. 

“Dengan makin mudahnya akses transaksi lintas negara menggunakan QR code, hal ini membuka kesempatan bagi UMKM dan pariwisata Indonesia untuk menjangkau pasar global,” kata Meliza dalam siaran pers, Rabu (31/8/2022).

Dian menambahkan Implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien.

Dengan terobosan transaksi UMKM dan dunia pariwisata antar negara pun menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya alat transaksi terbaru ini, QRIS saat ini sudah dapat digunakan di Thailand. 

“Kini, masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand, mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing sehingga perjalanan keluar negeri pun menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman,” kata Meliza. 

Partisipasi PermataBank dalam implementasi fitur QR Pay Cross-Border menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam optimalisasi inovasi teknologi untuk sistem pembayaran nasional.

Potensi transaksi pembayaran QR di Thailand dilihat sangat besar dimana Thailand yang merupakan salah satu destinasi populer turis dari Indonesia dan juga perkembangan layanan pembayaran QR di Thailand berkembang sangat pesat. 

Berdasarkan data pada 2021, ada lebih dari 5 juta merchants di Thailand bisa menerima metode pembayaran QR dan hampir 80 persen dari masyarakat Thailand memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi atas metode pembayaran QR. Sebanyak 87 persen menyatakan metode ini lebih nyaman. 

Dengan Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali dari PermataBank, PermataBank percaya bahwa hal ini juga akan turut menguatkan potensi transaksi QR pay Cross-Border PermataMobile X di Thailand.

Untuk dapat menggunakan QR PermataBank dalam melakukan pembayaran di Thailand, nasabah dapat melakukan update ke versi PermataMobile X terbaru di Playstore (Android); App Store (IOS) Versi 1.40.14 dan kemudian menggunakan layanan QR Pay yang terdapat di aplikasi PermataMobile X. 

Saat nasabah melakukan scan QR (Thai QR Payment) merchant di Thailand, maka secara otomatis sistem akan mendeteksi QR tersebut dan nasabah akan dapat langsung memproses transaksinya dalam mata uang rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper