Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gudangnya Terbakar, Gudang Garam (GGRM) Miliki Pertanggungan Asuransi Rp81 Triliun

Gudang Garam (GGRM) memiliki nilai pertanggungan asuransi secara total sebesar Rp81 triliun. Total nilai pertanggungan ini termasuk menjamin risiko kebakaran
Ilustrasi gedung PT. Gudang Garam/gudanggaramtbk.com
Ilustrasi gedung PT. Gudang Garam/gudanggaramtbk.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kebakaran yang menimpa salah satu gudang barang penunjang nonproduksi milik emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) disebut tidak berdampak pada operasional pabrik.

Manajemen Gudang Garam menjelaskan bahwa gudang yang terbakar tidak memuat barang produksi, melainkan tempat penyimpanan barang penunjang nonproduksi. “Kebakaran yang terjadi pada Senin malam 7 November 2022 tidak menimbulkan dampak apapun terhadap kegiatan operasional pabrik, karena lokasi tersebut adalah area penyimpanan barang penunjang yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi,” tulis manajemen dalam siaran pers, Selasa (8/11/2022).

Bisnis melakukan konfirmasi terkait kerugian dan klaim asuransi yang diperoleh oleh Gudang Garam pada hari ini, Rabu (9/11/2022). Meski demikian, hingga berita ini terbit pihak Gudang Garam belum memberikan tanggapan.

Sementara itu dikutip dari laporan keuangan Gudang Garam (GGRM) per September 2022, perusahaan telah menyertakan seluruh inventori, aset tetap hingga kendaraan dalam asuransi. Total risiko pertanggungan dari sebagian besar aset ini mencapai Rp81,4 triliun untuk mengelola risiko terburuk.

Secara terperinci, dalam laporan keuangan terbaru itu, pertanggungan asuransi terbesar yakni terkait persediaan (inventory). Risiko yang dijaminkan mencakup risiko kebakaran, pencurian, huru hara, penjarahan, dan bencana alam dengan nilai pertanggungan Rp40,83 triliun, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan nilai pertanggungan akhir 2021 yang mencapai Rp46.443.024 juta.

Gudang Garam juga memasang asuransi untuk aset tetap di luar tanah, bangunan dan sebagian kendaraan sebesar Rp40,57 triliun. Risiko yang dijaminkan termasuk risiko kebakaran, pencurian, penjarahan dan huru hara, bencana alam dan kecelakaan. Jumlah ini mengalami kenaikan dari akhir periode 2021 dengan nilai Rp37,44 triliun. Dengan demikian, total asuransi yang ditanggung mencapai Rp81.404.385 juta.

Sedangkan dalam penjelasan pos beban usaha, GGRM memasukkan beban asuransi sebesar Rp392,61 miliar. 

Sebagaimana diketahui, pabrik rokok Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur mengalami kebakaran pada Selasa (8/11/2022) tengah malam menjelang dini hari. Kebakaran api ini terlihat cukup besar. Asap pekat dan berwarna merah pun terlihat menjulang cukup tinggi.

Manajemen mengatakan lokasi kebakaran tersebut merupakan tempat penyimpanan barang penunjang (barang non-produksi) yang tidak mempengaruhi kegiatan produksi rokok. 

Kebakaran sendiri sudah berhasil dipadamkan oleh Unit Pemadam Kebakaran Gudang Garam, dibantu jajaran PMK Pemkot Kediri dan Polres Kediri Kota. Dalam musibah kebakaran tersebut, manajemen juga memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dan luka dari peristiwa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper