Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HP Hilang, Ini Tips Amankan Saldo Rekening di Mobile Banking

Jangan pernah menyimpan password dan kata sandi di dalam handphone. Ini cara mengamankan saldo rekening di mobile banking.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  19:40 WIB
HP Hilang, Ini Tips Amankan Saldo Rekening di Mobile Banking
Logo PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tampak di kawasan perkantoran Jakarta. - Bloomberg/Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang kehilangan HP di perjalanan, maka simak beberapa tips yang wajib Anda ketahui agar saldo mobile banking aman di rekening.

Saat seseorang kehilangan handphone (HP), maka hal yang paling dikhawatirkan adalah data dan mobile banking yang berada di smartphone. Simak beberapa langkah yang bisa dilakukan agar nasabah bisa mengamankan mobile banking dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berbagai aplikasi perbankan saat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah super apps BRImo yang memiliki beragam fitur dan perangkat keamanan.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan Financial Super Apps BRImo telah dilengkapi oleh fitur keamanan yang kuat untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening. Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan fingerprint guna memperkuat keamanan akses BRImo. Nasabah juga memiliki peran penting untuk menjaga rekeningnya apabila menghadapi kejadian kehilangan handphone.

Ketika handphone hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam selama 7 hari di nomor 14017/1500017. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Langkah antisipasi lain adalah dengan melakukan penggantian password email, social media, dan aplikasi penting lainnya untuk antisipasi kebocoran data pribadi lainnya.

“BRI melengkapi layanan dengan call center yang bisa diakses dan dihubungi oleh nasabah kapan saja secara realtime untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk mitigasi apabila handphone nasabah hilang. Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir,” dikutip dari keterangan resmi, Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan bahwa layanan call center juga bisa membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung/terinstall di handphone yang hilang.  Lebih lanjut, Andrijanto juga menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di handphone.

BRI juga memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) “Smart BRI New Assistant” atau “Sabrina”. Adapun Sabrina dari BRI layaknya customer service di mana nasabah bisa menyapa dan mengajak Sabrina berbicara melalui beberapa channel, yaitu Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah.

Andrijanto juga menyampaikan jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Termasuk, menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekening handphone aplikasi mobile banking
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top