Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjol Kredit Berlian Ilegal dari OJK Tapi Masih Ada di Play Store, Pengamat Soroti Koordinasi

Pinjaman Online (Pinjol) Kredit Berlian masih tersedia di Play Store meskipun ditetapkan ilegal oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK.
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com

Bisnis.com, JAKARTA— Pinjaman online (Pinjol) Kredit Berlian masih tersedia di Play Store meskipun dilaporkan ilegal oleh Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (SWI).

Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira pun menyoroti masih ada masalah di koordinasi lintas sektoral. Persoalan koordinasi ini menghambat kecepatan penegakan hukum untuk memblokir aplikasi yang belum berizin.

“Masalah blokir aplikasi dilakukan kalau ada aduan. Baru Kemenkominfo [Kementerian Komunikasi dan Informasi] dan akan diberitahu pihak Google-nya untuk lakukan blokir. Alurnya sangat panjang,” kata Bhima saat dihubungi Bisnis, Selasa (24/1/2023).

Di sisi lain, Bhima mengatakan bahwa kecepatan pembuatan aplikasi pinjol ilegal tidak bisa dibendung. Menurutnya apabila ada satu aplikasi yang diblokir, di hari berikutnya ada aplikasi sejenis. “Besoknya dibuat lagi, deskripsinya sama persis hanya beda di logo dan nama aplikasi,” katanya.

Bhima pun menyarankan agar masyarakat lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan platform pinjol ilegal meski muncul di aplikasi.

“Perlu cek legalitas perusahaan, karena biasanya selain ada nama aplikasi juga ada nama PT pinjolnya. Kalau tidak terdaftar di OJK berarti ilegal. Kemudian cek juga data apa saja yang diminta oleh pihak aplikasi. Ada yang sampai minta akses ke kontak, foto, kalendar yang sifatnya sangat privasi. Itu harus hati-hati,” tandasnya.

Satgas Waspada Investasi (SWI) memastikan bahwa aplikasi Kredit Berlian ilegal. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan pihaknya bahkan telah meminta pemblokiran aplikasi tersebut.

“Kami sudah minta diblokir aplikasi tersebut. Kamu juga meminta masyarakat tidak mengakses ke aplikasi ilegal tersebut agar tidak dirugikan,” kata Tongam kepada Bisnis, Selasa (24/1/2023).

Dalam penelusuran Bisnis, aplikasi Kredit Berlian masih ada di Play Store dan dapat diunduh melalui website. Adapun menurut deskripsi izin aplikasi, Kredit Berlian meminta informasi seputar nomor ponsel, nomor kartu bank, daftar kontak, direktori file, ruang penyimpanan, hingga daftar aplikasi yang diinstal. Terdapat 12.000 ribu ulasan dalam play store atas aplikasi ini. Sedangkan rating yang disematkan juga relatif tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper