Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Alasan Terbaik Miliki Asuransi Mobil

Asuransi mobil memberi perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi saat berkendara. Termasuk perlindungan kerugian pihak ketiga.
Ilustrasi kecelakaan./JIBI - Ujang Hasanudin
Ilustrasi kecelakaan./JIBI - Ujang Hasanudin

Bisnis.com, JAKARTA— Memilih perlindungan asuransi yang tepat merupakan salah satu langkah untuk mengamankan kendaraan bermotor dan diri Anda sendiri. Adapun polis asuransi kendaraan melindungi pemilik dari segala kerugian finansial yang timbul sebagai akibat dari keadaan yang tidak terduga. 

Beberapa hal tidak terduga tersebut di antaranya kecelakaan, bencana alam, dan pencurian. Segala kerusakan pada kendaraan yang diasuransikan, pemegang polis atau pihak ketiga akan ditanggung oleh  penanggung.  Berikut ini 4 alasan penting miliki asuransi kendaraan , dikutip dari laman Continental Insurance, hari ini (2/2/2023):

 1. Lindungi Diri Anda dan Orang Lain

Peristiwa tak terduga seperti kecelakaan mobil dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja terlepas dari siapa yang berada di dalam kendaraan tersebut.  Salah satu alasan terpenting untuk mendapatkan asuransi kendaraaan adalah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.  

Misalnya, jika Anda mengalami kecelakaan dan Anda tidak memiliki asuransi yang dapat diandalkan untuk menutupi biaya Anda, Anda akan mengeluarkan biaya yang besar untuk menutupi cedera yang disebabkan oleh diri Anda sendiri atau orang lain.  

2. Lindungi Kendaraan Anda

Polis asuransi kendaraan terutama bertindak untuk melindungi kendaraan Anda.  Dengan polis asuransi, kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda selama kecelakaan akan ditanggung oleh penyedia asuransi.  

Termasuk apabila kendaraan Anda telah dicuri atau mengalami kerusakan akibat bencana alam seperti kebakaran, kerusuhan, dan ledakan.

 3. Mencakup Kerusakan Pihak Ketiga

Polis asuransi dapat mencakup kerusakan yang melibatkan pihak ketiga dengan menambahkan rider dalam polis standar. Baik pejalan kaki, kendaraan lain atau harta benda seseorang. 

Asuransi juga menanggung pengeluaran Anda untuk tagihan rumah sakit pihak ketiga tersebut.  Tanpa perlindungan asuransi yang komprehensif, Anda harus membayar ganti rugi kepada pihak ketiga mana pun;  dari tagihan rumah sakit, perbaikan properti atau kendaraan. 

 4. Mencakup Biaya Hukum

Ketika menyangkut pihak ketiga, ada kemungkinan korban kecelakaan berusaha menuntut Anda atas kerusakan atau cedera.  Jika Anda menghadapi tuntutan hukum, polis asuransi kendaraan yang diperluas dapat melindungi dompet Anda dari pengeluaran biaya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper