Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lippo Insurance (LPGI) Gelar RUPSLB, Agendakan Penetapan Akuisisi oleh Hanwha Life

Perusahaan asuransi umum PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) akan menggelar RUPSLB pada Jumat, 24 Maret 2023 dengan agenda penetapan Hanwha Life.
Lippo Insurance.
Lippo Insurance.

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan asuransi umum PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat, 24 Maret 2023.

Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan di keterbukaan informasi akhir pekan lalu, (2/3/2023), direksi Lippo General Insurance menyampaikan bahwa perusahaan hanya akan mengagendakan satu mata acara, yaitu perubahan komposisi pemegang saham perseroan.

“Perubahan komposisi pemegang saham perseroan setelah mendapat persetujuan dari OJK IKNB untuk melaksanakan rencana perubahan kepemilikan perseroan yang telah disetujui dalam RUPSLB pada 30 Juni 2022,” kata direksi Lippo General Insurance.

Adapun, agenda RUPSLB tersebut adalah untuk menindaklanjuti surat persetujuan OJK atas rencana perubahan kepemilikan PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI) yang telah disetujui dalam RUPSLB pada 30 Juni 2022.

“Perseroan akan menyelenggarakan RUPSLB guna menyetujui komposisi pemegang saham setelah dilakukan pengalihan saham milik PT Inti Anugerah Pratama [IAP] dan PT Star Pacific Tbk [STAR] kepada pemegang saham baru yaitu PT Hanwha Life Insurance Indonesia [HLII] dan Hanwha General Insurance Co., Ltd [HGI],” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam keterbukaan informasi pada 5 April 2022, LPGI mengumumkan bahwa PT Inti Anugerah Pratama (IAP) dan PT Star Pacific Tbk. (Star) telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat secara terpisah dengan Hanwha General Insurance (HGI) dan HLII pada 1 April 2022 dengan total 62,59 persen saham LPGI milik IAP dan Star.

Dalam pengumumannya, manajemen LPGI menyampaikan Hanwha Life Insurance Indonesia akan membeli sejumlah saham milik IAP sebanyak 42,79 persen saham dan Hanwha General Insurance akan menggenggam 14,9 persen saham milik Star.

CEO Hanwha Life Insurance Yeo Seung Joo mengungkapkan bahwa kerja sama strategis dengan Lippo Group dapat membuka peluang kerja sama multi sektor selain asuransi, yakni dalam sektor finansial (bank digital hingga manajemen aset), teknologi digital, dan kesehatan.

“Melalui penandatanganan MoU ini, Hanwha Life dan Lippo Group berkomitmen untuk merintis masa depan bersama di Indonesia, sekaligus membuka peluang kerja sama dalam berbagai sektor selain asuransi,” ujar Seung Joo dalam keterangan tertulis pada akhir 2022 lalu.

Untuk diketahui, Hanwha Life adalah bagian dari Hanwha Group, grup konglomerasi terbesar ke-7 di Korea. Pada tahun 2021, total aset Hanwha Group mencapai lebih dari Rp2.500 triliun (KRW224,6 triliun).

Sepanjang 2021, perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Korea itu mencatatkan aset sebesar Rp1.881 triliun (KRW163,6 triliun). Selain itu, anak perusahaan Hanwha Life Insurance, PT Hanwha Life Insurance Indonesia tercatat memiliki aset senilai Rp2,06 triliun pada kuartal III/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper