Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSI (BRIS) Siapkan Dana Tunai Rp37,6 Triliun Jelang Mudik Lebaran Tahun Ini

Uang tunai yang BSI (BRIS) siapkan tahun ini naik 26,2 persen dibandingkan tahun lalu
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) memproyeksikan transaksi keuangan masyarakat mengalami kenaikan menjelang libur Idulfitri tahun ini. BRIS pun menyiapkan uang tunai sebesar Rp37,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat itu.

Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengatakan dana tunai yang BSI siapkan tahun ini naik 26,2 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan mempertimbangkan berbagai aspek seperti pertumbuhan ekonomi, pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), hingga proyeksi jumlah pemudik.

"Pada idul fitri tahun ini jumlah pemudik diperkirakan mencapai lebih dari 120 juta orang. Untuk mendukung kelancaran dan kemudahan masyarakat yang akan merayakan lebaran di kampung halaman, kami terus memastikan seluruh layanan BSI dapat beroperasi dengan baik,” kata Bob pada Selasa (4/4/2023) di Jakarta.

Dana tunai yang BSI siapkan sendiri masing-masing untuk kebutuhan operasional cabang sebesar Rp30,3 triliun dan kebutuhan ATM Rp7,3 triliun.

Selama periode libur lebaran tahun ini, BSI juga menyiapkan 236 kantor cabang yang akan beroperasi secara terbatas pada periode 19 April 2023 hingga 25 April 2023 di berbagai wilayah Indonesia. Kantor yang akan dibuka operasionalnya pada periode tersebut dapat melayani transaksi nasabah seperti tarik atau setor tunai, pemindahbukuan, handling complaint, hingga transaksi mitra bayar.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada kantor cabang utama, khususnya di lokasi publik,” ujar Bob.

Selain itu, perseroan terus memonitor kesiapan 2.552 jaringan ATM di seluruh Indonesia agar dapat berfungsi dengan baik selama 24 jam.

Nasabah juga dapat melakukan berbagai melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.552 unit ATM hingga mesin electronic data capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian, nasabah dapat mengguakan layanan BSI Mobile untuk pemenuhan kebutuhan transaksinya.

Sejak Februari 2023 BSI juga menggerakkan lebih dari 65.000 agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah. Agen ini menjadi kepanjangan tangan perseroan dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar-rekening hingga berbagai pembayaran.

Selama periode libur lebaran, perseroan juga menyediakan layanan penukaran uang baru di 32 lokasi kas keliling seperti Bank Indonesia (BI), masjid, pelabuhan, rest area, mall, hingga pasar. Layanan penukaran uang tunai juga terdapat di 74 lokasi cabang BSI dengan jadwal penukaran yang disesuaikan dengan ketetapan BI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper