Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siasat CIMB Niaga (BNGA) Jaga Rasio Kredit Macet UMKM

Berikut siasat atau strategi CIMB Niaga (BNGA) menjaga rasio kredit macet UMKM tetap rendah.
Aktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (2/11/2022).  /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Aktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (2/11/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) terus getol menyalurkan kredit ke usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Meski begitu, CIMB Niaga mengaku tetap menjaga rasio kredit macet (non-performing loan/NPL) agar tetap rendah. 

Berdasarkan laporan keuangan, penyaluran kredit Bank CIMB Niaga per Maret 2023 tumbuh sebesar 10,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp201,05 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp182,66 triliun. 

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, selain memberikan edukasi dan workshop, skema penyaluran kredit ini juga melalui kolaborasi dengan mitra, salah satunya dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Jadi kami berkolaborasi ini maksudnya untuk saling membagikan strategi marketing untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, memenangkan pasar, pembukuan yang rapi, sehingga untuk mendapatkan kredit jadi mudah,” ujarnya pada awak media, Senin (10/7/2023). 

Dia juga mengungkapkan komitmennya untuk terus meningkatkan pencadangan rasio kredit bermasalah pada level terjaga dikisaran 2,63 persen hingga akhir tahun. 

Menurutnya, perusahaan akan terus menerapkan prinsip kehati-hatian atau prudential banking principle.

"Jadi, kita harus break down kenapa UMKM kerap terkendala pembiayaan, itu karena pembukuan, accounting, pencatatan harus rapih, maka pembiayaan lebih mudah,” katanya

Dia menilai langkah untuk menjaga NPL akan semakin menantang kala tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) naik. 

Sejak memberikan pembiayaan pun, pihaknya menerapkan prudent banking practice. Di mana, pihaknya memilih nasabah dengan track record kemampuan, serta collateral dan karakter yang baik. 

“Nasabah-nasabah pilihan ini mungkin tidak steril dari dampak perlambatan, tetapi efeknya lebih kecil," jelasnya. 

Terkait produk sendiri, CIMB Niaga memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak hanya melalui kegiatan inspiratif, tetapi juga melalui penyediaan produk dan layanan yang relevan. 

CIMB Niaga ingin menjadi pilihan bank bagi para pengusaha UKM dan nasabah. Mereka menawarkan berbagai produk seperti pinjaman rekening koran XTRA Manfaat, tabungan/giro seperti Giro Kartini dan Usaha, serta layanan pengelolaan keuangan digital melalui BizChannel@CIMB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper